13 Link Twibbon Hari Pahlawan Nasional, Imam Bonjol: Rangkul Masyarakat Lawan Penjajah

31 Oktober 2022 22:46 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com- Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu Pahlawan Nasional, lahir di Bonjol, Luhak Agam, Pagaruyung pada 1 Januari 1772, Cara agar kamu bisa mengenang jasanya cukup dengan berbagi Link Twibbon.

Jadi, Pahlawan Nasional Iman Bonjol dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Syekh Muhammad Said Bonjol atau Inyik Bonjol. Tak ada salahnya jika kamu mengenang jasanya dengan berbagai Link Twibbon.

Sebab dengan berbagi Link Twibbon kepada kerabat merupakan salah satu cara mengenang jasa-jasa para Pahlawan Nasional khususnya Imam Bonjol sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia.

Selain dari Link Twibbon, mimin juga akan mengulas sedikit kisah hidup Pahlawan Nasional Imam Bonjol. Berikut kisah dan jangan lupa berbagi Link Twibbon untuk memeriahkan hari Pahlawan Nasional.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Pahlawan Nasional, dan Kisah Pageran Diponegoro Melawan Penjajah di Tanah Jawa

Seperti yang mimin ulas di awal tadi bahwa Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Luhak Agam, Pagaruyung pada 1 Januari 1772 dengan nama Muhammad Syahab.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bonjol merupakan suatu kampung yang berada di daerah Sumatra Barat. Kampung ini terkenal karena Muhammad Syahab dilahirkan

Tuanku Imam Bonjol berjuang bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat di tempat itu. Mereka saling bekerja sama menentang penjajahan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Syahab adalah seorang ulama, pejuang, dan tokoh yang dituakan oleh masyarakat. Dia menjadi tempat meminta nasihat, petunjuk, dan mengadu segala hal, baik yang berkenaan dengan masalah keagamaan maupun keduniaan.

Hal inilah yang menyebabkan dirinya memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam.

Baca Juga: 5 Link Twibbon Hari Pahlawan Nasional, Kapitan Pattimura: Uang Seribu Rakyat Maluku Kembali Makmur

Imam Bonjol adalah putra tunggal dari pasangan Bayanuddin Syahab dan Hamatun. Ayahnya merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota.

Bonjol dilahirkan di kalangan keluarga pedagang dan senang merantau. Inilah yang menyebabkan dirinya pernah dikirim ke Malaysia untuk mendapatkan pendidikan formal Sekolah Rakyat Desa pada 1779.

Setelah dewasa, dia belajar agama Islam kepada Syekh Ibrahim Kumpulan di Bonjol pada 1809–1814. Selanjutnya, antara tahun 1818 dia memperdalam ilmu Tarekat Naqsyabandiyah di Bonjol.

Dia mempunyai beberapa orang istri, tetapi hanya satu yang mendampinginya hingga meninggal, yaitu Hajjah Solehah.

Melalui pernikahannya dengan Solehah, dia dikaruniai 10 orang anak, yaitu lima orang anak laki-laki dan lima orang anak perempuan.

Anak-anaknya adalah Hasan, Hasyim, Harun al-Rasyid, Syahrudin, Djusnah, Sawwadjir, Hasanah, Rofiah, Cholidi dan Nur Baiti.

Baca Juga: 5 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda, Lahir dengan Sumpah Tumbuh Bersama Pemuda

Demikianlah Sekilas tentang Iman Bonjol yang merupakan salah satu Pahlawan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Berikut 13 Link Twibbon yang bisa kamu bagikan di sosial media.

https://twb.nz/mgbkpahlawan
https://twb.nz/pksharipahlawan
https://twb.nz/pksharipahlawan
https://twb.nz/mahardhikaharipahlawan
https://twb.nz/haripahlawanbimbelgemasgempol

https://twb.nz/haripahlawansuariterang
https://twb.nz/hrpahlawansdnsumbertebu
https://twb.nz/sepuluh10b
https://twb.nz/vrwtyy
https://twb.nz/pahlawansdn27lalang

https://twb.nz/sdalista10november
https://twb.nz/hari-pahlawan-teknobgt
https://twb.nz/heroesdayid

Demikianlah sejarah dan twibbon hari Pahlawan Nasional 2022.

 

Tags :

Leave a comment