KPU Bengkayang Maksimalkan Verifikasi Faktual Kepengurusan Parpol

29 Oktober 2022 15:00 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Musa Jairani mengatakan pihaknya memaksimalkan proses verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024 dan saat ini sudah berjalan di atas 50 persen.

"Saat ini kami terus melakukan verifikasi faktual kepengurusan Parpol di tingkat kabupaten yang dimulai sejak tanggal 16 Oktober 2022 lalu dan saat ini sudah berjalan di atas sekitar 50 persen. Sedangkan berdasarkan jadwal pelaksanaan berakhir sampai 4 November 2022 mendatang," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu (29/10/2022).

Ia mengatakan bahwa sejauh ini proses verifikasi faktual berjalan lancar. Hanya saja beberapa kendala yang dihadapi seperti kondisi cuaca terutama untuk menjangkau wilayah terpencil.

"Daerah yang menjadi tantangan kami seperti daerah Sungkung dan daerah Suti Semarang yang akses jalannya masih jalan tanah dan jauh," kata Musa.

Ia menjelaskan verifikasi faktual kegiatan Parpol tersebut merupakan satu agenda penting jelang Pemilu 2024. Hal itu karena berkaitan kepengurusan parpol yang akan diverifikasi, keberadaan kantor, kebenaran pengurus sesuai dengan surat keputusan yang diunggah di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) serta memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak 1988, Nasi Amin Bengkayang Jadi Buruan Pecinta Kuliner, Ini Menu Andalannya

"Verifikasi faktual parpol penting bagi pemilu dan kami memastikan semua proses atau tahapan mengacu kepada aturan yang ada. Sehingga apa yang diverifikasi benar adanya," ucap dia.

Ia mengajak semua pihak untuk mendukung setiap proses Pemilu 2024. Dengan dukungan semua pihak bisa memastikan pesta demokrasi akbar pada 2024 mendatang berjalan baik dan berkualitas.

"Tugas kita bersama untuk memastikan pemilu ini berjalan lancar dan sukses," kata dia.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak 1988, Nasi Amin Bengkayang Jadi Buruan Pecinta Kuliner, Ini Menu Andalannya

Tags :

Leave a comment