Peringatan Sumpah Pemuda, Merah Putih Berkibar di Tugu Garuda Pancasila Perbatasan Jagoi Babang - Malaysia

28 Oktober 2022 16:56 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Bendera Merah Putih dikibarkan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di kawasan Tugu Garuda Pancasila, Perbatasan Jagoi Babang dengan Negara Malaysia, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, pada Jumat (28/10/2022).

Upacara pengibaran bendera merah putih itu pun diikuti puluhan orang dari berbagai elemen, Organsiasi Kepemudaan, Pelajar SMA/SMP setempat, TNI POLRI, ASN, Tokoh Masyarakat dan adat.

Diketahui pembina upacara pengibaran bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda di perbatasan itu pun dipimpin oleh Bupati Bengkayang.

Ketika bendera tersebut akan dikibarkan. Suasana haru pun mewarnai prosesi pengibaran merah putih di perbatasan Indonesia-Malaysia ini.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkayang, Albert Pandur Sae Pudaba pun mengaku pengibaran sang merah putih tersebut sangat menyentuh perasaannya sebagai anak bangsa, karena dilakukan di batas negara.

"Moment-moment penting seperti ini yang membuat kita semakin semangat membangun daerah," kata Pandur.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak 1988, Nasi Amin Bengkayang Jadi Buruan Pecinta Kuliner, Ini Menu Andalannya

Ia menambahkan, untuk itu pihaknya telah bersinergi dengan berbagai instansi dalam menyukseskan pengibaran bendera ini di wilayah perbatasan.

Dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat perbatasan dan generasi muda agar dapat meningkatkan cinta tanah air dan memupuk jiwa nasionalisme.

"Upacara Hari Sumpah Pemuda adalah agenda wajib dan tahunan kami. Sebagai pemuda harus ambil bagian, dan harus selalu menumbuhkan jiwa nasionalisme,"tutup Pandur. (Baruna)

Baca Juga: Imbas Kanjuruhan, Cabor Sepak Bola Tak Dipertandingkan di Porprov Kalbar? Ini Penjelasan KONI Bengkayang

Tags :

Leave a comment