Cara Obati Sakit Perut Secara Mandiri, Hal ini yang Perlu Kamu Hindari Minum Alkohol

27 Oktober 2022 16:35 WIB
Ilustrasi

 

PONTIANAK - Pernah sakit perut? Umumnya sakit perut timbulnya rasa nyeri yang mendadak muncul di area sekitar perut. Jangan khawatir karena penyakit ini bisa diobati secara mandiri tampa harus ke dokter.

Tak hanya nyeri, sakit perut juga biasanya diiringi dengan rasa kram, mulas seperti tertusuk di perutnya. Semua Itu bisa di obati dengan cara mandiri.

Sakit perut bisa diobati terlebih dahulu tanpa obat-obatan dari dokter dengan melakukan beberapa tindakan secara mandiri di rumah untuk mengurangi rasa nyerinya.

Baca Juga: Atta Halilintar Klarifikasi Robot Trading Net89, Lelang Headband Berujung Perkara

Dilansir dari hospital Ekahospital, Berikut delapan cara mengobati sakit perut secara mandiri dan perlu juga kamu ketahui bahwa ada dual hal yang harus kamu hindari.

1. Mandi air hangat dan gunakan kantong panas untuk menghangatkan perut

Mandi dengan air hangat bisa melemaskan otot perut yang tegang. Selain itu kantong pemanas atau heating pada bisa meringankan rasa sakit dan mual pada perut.

2. Mengonsumsi teh herbal seperti teh chamomile, jahe, kayu manis, daun mint

Teh herbal memiliki banyak manfaat salah satunya meredakan sakit perut. Contohnya teh kamomil bisa mengurangi gas dalam perut.

Teh ini juga memiliki zat anti radang untuk meringankan rasa sakit dan otot tegang pada perut yang terasa nyeri keram dan mual.

Selain itu jahe, kayu manis hingga daun mint bisa mengatasi rasa sakit perut seperti mencegah diare dan mual. Antioksidannya juga mengurangi iritasi dan kerusakan sistem pencernaan.

3. Minum campuran air putih, air lemon, dan soda kue

Minuman dengan campuran tiga bahan itu bisa meredakan nyeri ulu hati dan maag. Ini sebagai cara untuk mengatasi perut sakit melilit.

4. Minum air kelapa

Air kelapa yang mengandung kalium dan magnesium bisa meredakan nyeri, kram dan kejang otot.

5. Konsumsi buah tin dan daun basil

Buah tin mengandung senyawa laksatif yang membantu meringankan sembelit. Buah yang rasanya manis ini juga bisa meredakan maag.

Sementara itu, daun basil atau kemangi bisa meredakan gas berlebihan pada perut. Ada juga kandungan asam linoleat bersifat anti radang.

6. Memijat kaki

Memijat kaki pada bagian lengkungan tengah kaki kiri bisa menghilangkan sakit perut. Teknik memijat ini untuk membuat tubuh rileks dan tenang.

7. Menerapkan diet BRAT atau diet rendah serat

Diet BRAT atau diet rendah serat dapat membantu meringankan iritasi pada asam lambung dan kasus diare. Diet ini pada umumnya diterapkan pada anak-anak.

Komposisi makanan diet BRAT yakni dari nasi, pisang, saus apel, dan roti panggang. Namun, diet ini hanya dapat dilakukan selama 3 hari dan disarankan untuk tidak melebihi 3 hari karena dapat menyebabkan gangguan gizi.

8. Tetap beraktivitas fisik

Aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki, lari kecil, bermain di luar rumah yang membuat tubuh bergerak akan merangsang pergerakan sistem pencernaan. Ini sangat baik daripada sekadar berbaring di kasus yang malah bisa menyebabkan sembelit. 

Adapun berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari untuk mencegah ataupun saat mengalami sakit perut yaitu menghindari makanan pedas berlemak, sulit dicerna dan porsi besar.

Baca Juga: Polres Kapuas Hulu Berhasil Ungkap Kasus Penggelapan Sepeda Motor, Simak Kronologisnya

Makanan pedas dan berlemak bisa memicu sakit perut sehingga lebih baik dihindari. Kemudian pastikan jangan makan makanan yang sulit dicerna untuk membantu meredakan rasa nyeri di perut. Makanlah buah dan sayur-sayuran.

Anda juga perlu menghindari makan dalam porsi besar sekaligus agar pencernaan terasa nyaman.

Selain itu kamu juga perlu menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol karena bisa memicu gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung naik dan GERD.

Itulah tips atau cara obati sakit perut secara mandiri di rumah dan juga beberapa hal yang semestinya kamu hindari..***

 

Tags :

Leave a comment