Minuman Khas Medan, Segar dan Sehat, Jarang Ada di Daerah Lain

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Minuman khas Medan sejatinya cukup banyak. Namun, di artikel kali ini, akan merangkum empat jenis, yang jarang ada di daerah lain.

Untuk mengetahui empat jenis minuman khas Medan tersebut, maka silakan baca artikel ini hingga selesai.

Baca Juga: Ketupat Ci Eng, Kuliner Lezat Khas Sajikan Empat Kuah Berbeda

Sebagaimana diketahui, Medan dikenal dengan kuliner yang khas, rasanya cenderung lebih berani dan enak.

Seperti diketahui Medan adalah kota multietnis, jadi ini berpengaruh pada rasa. Pun soal bahan bakunya. Artinya, bisa saja bahan baku minuman yang jadi khas Medan juga berada di daerah lain.

Namun begitu bahan baku itu sampai di Medan, dia diolah sedemikian rupa hingga menjadi minuman yang khas. Dan, itulah kelebihannya hingga jarang ditemui di daerah lain.

Menurut bolumenara.co.id, dikutip pada Sabtu (13/5/2023), ada lima minuman yang menjadi khas Medan. Berikut lima minuman yang dimaksud:

1. Roco Timun

Bagi orang luar Medan, mungkin nama roco timun ini adalah hal yang asing. Namun, minuman satu ini adalah kuliner unik dari Medan yang dibuat dari perpaduan timun dan kelapa muda.

Jika umumnya kelapa muda dicampur dengan jeruk, maka di Medan ini dikombinasikan dengan timun.

Tentu saja bahan dasar dari roco timun ini adalah kelapa muda yang diambil air dan juga dagingnya untuk kemudian dicampurkan bersama irisan timun.

Kemudian sebagai pemanis, ada tambahan gula aren untuk membuat segelas minuman menjadi sempurna dan menyegarkan.

Selain itu ada juga daun pandan untuk menambah aroma agar segelas roco timun ini semakin harum. Kalau bulan Ramadhan, roco timun ini sering sekali menjadi minuman yang banyak diburu oleh masyarakat muslim Medan untuk berbuka puasa.

2. Jus Martabe

Mendengar kata martabe mungkin masih asing di telinga orang luar Medan. Namun sebenarnya martebe adalah akronim dari markisa dan terong Belanda. Artinya, minuman ini adalah jus dengan menggabungkan dua buah itu.

Segelas jus martebe memang punya rasa yang asam, namun sangat menyegarkan. Uniknya, buah markisa dan terong Belanda ini bisa dikatakan cuma ada di Sumatra Utara saja, keduanya subur tumbuh di Tanah Karo.

Anda bisa menemukan jus martebe ini di warung-warung atau tempat makan karena minuman ini memang sangat populer di Medan. Selain sehat dan segar, jus martabe ini bisa didapatkan dengan harga murah.

3. Soda Cap Badak

Minuman khas selanjutnya adalah soda cap badak. Sebenarnya, minuman ini juga bisa Anda temukan di kota-kota lain karena banyak juga tempat makan yang menjual soda satu ini.

Namun, di Medan, satu botol soda cap Badak dikombinasikan dengan susu kental manis dan juga es batu. Rasanya dijamin sangat menyegarkan dan dijamin Anda pasti ingin coba lagi.

Minuman ini juga sangat populer, Anda bisa membeli soda cap badak dengan mudah di berbagai warung pinggir jalan di Kota Medan.

4. Teh Susu Telur

Teh susu telur menjadi minuman hangat khas Medan yang sangat populer. Ya, meski minuman sejenis juga bisa ditemukan di Tanah Minang dengan nama teh talua. Namun di Sumatra Barat, cenderung tidak memakai susu.

Minuman ini dikenal di Medan dengan nama TST alias teh susu telur. Masyarakat Kota Medan sering sekali menjadikannya sebagai salah satu minuman andalan untuk meningkatkan stamina tubuh, terutama jika badan sedang lelah.

Anda bisa dengan mudah menemukan TST di beberapa warung kopi dan harganya tidak mahal.

Jadi, kalau Anda mencari minuman hangat dan bisa tingkatkan stamina ketika berkunjung ke Medan, teh susu telur  ini jawabannya. Demikianlah empat minuman khas yang ada di Medan.

Tentu masih ada sirup markisa, namun minuman tersebut sudah menjadi industri, berbentuk kemasan atau botol, dan bisa ditemukan di daerah mana saja. Ya, walau warga Medan juga masih menikmati minuman itu hingga sekarang. (Adelina)***

Leave a comment