Makan Salak Bisa Sembelit, Itu hanya Mitos! Ini Manfaat Lainnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Makan buah salak bisa menimbulkan sembelit ternyata bisa dikatakan hanya mitos. Nyatanya, buah bernama "Snake Fruit" ini malah mengandung banyak manfaat.

Mitos salak penyebab sembelit mungkin muncul karena buah itu yang mengandung rasa yang padat. Padahal, salah satu manfaat salak malah mengatasi sembelit.

Ya, mitos itu terbantakan karena sejatinya manfaat salak bisa mempelancar pencernaan. Syaratnya, dalam mengomsumsi buah bersisik ini tanpa membuang semua kulit arinya.

Mengutip hallodoc.com, Sabtu (24/6/2023), sembelit memang bisa terjadi karena tekstur buah salak yang padat dan Anda mengonsumsinya tanpa diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Namun, jika Anda menyisakan sedikit kulit ari tipisnya untuk dimakan, ini akan melancarkan pencernaan. Pasalnya, kulit tipis ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Manfaat salak juga ternyata cukup banyak dan buah ia memiliki rasa yang manis dan agak masam sehingga banyak yang menyukainya.

Manfaat salak untuk kesehatan ini datang dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Kandungan yang dimaksud adalah vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. Selain itu, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia lain pada buah salak yang bermanfaat seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid.

Sebagai informasi di Indonesia ada beberapa jenis salak yang cukup dikenal dan memiliki kekhasan masing-masing. Sebut saja salak pondoh, salak madu, salak gading, salak Padangsidempuan, dan sebagainya.

Nah apapun jenis atau variannya, berikut beberapa manfaat salak, selain mencegah sembelit:

1. Mencegah Risiko Kanker Prostat

Ini karena di dalam buah salak terdapat kandungan yang bernama pektin, yakni senyawa serupa dengan karbohidrat kompleks yang didapat dari dinding sel sebuah tumbuhan, termasuk buah salak.

Penelitian dari Integrative Cancer Therapies menjelaskan bahwa saat kamu mengonsumsi buah yang mengandung pektin, maka ini dapat menghambat tumbuhnya sel kanker sebanyak 54 persen.

2. Menyehatkan Tulang

Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu atau daging saja, padahal buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Manfaat buah salak ini datang karena didalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang. Bahkan di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

3. Mengatasi Kondisi Anemia

Wanita lebih sering mengalami gejala anemia karena mereka kerap kehilangan zat besi akibat mengalami menstruasi. Jika gejala anemia terjadi seperti lemas, maka Anda bisa coba makan buah salak.

Sebab, manfaat buah salak lainnya termasuk dapat mengatasi kondisi anemia yang mengkhawatirkan. Ini karena buah salak mengandung zat besi dan thiamin yang bisa membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah salak selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini datang karena kandungan antioksidan beta karoten di dalam buah salak sehingga ia akan membantu menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat.

Selain itu, betakaroten dalam buah salak diduga lima kali lebih banyak, daripada buah lain seperti semangka dan mangga.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah salak juga bisa menyehatkan jantung. Ini karena buah salak kaya akan kandungan kalium yang menyehatkan jantung.

Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi di dalam buah salak juga dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

Demikianlah soal manfaat salak bagi kesehatan. Ya, buah yang selama ini menjadi mitos karena diangga sbagai penyebab sembelit. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment