Sekda Kalbar Harisson Dorong Aset Budaya Dikemas Maksimal untuk Pariwisata

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sekda Kalbar, Harisson meyakini potensi budaya di Kalbar bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak aspek pariwisata. Apalagi, Kalbar memiliki banyak aset budaya yang banyak.

Nilainya pun tak kalah menarik dari daerah-daerah lainnya. Jika dikelola dengan baik, bisa menjadi nilai tambah untuk pengembangan wisata.

"Kalimantan Barat tidak kalah dengan Bali budayanya. Cuma kita belum bisa mengemasnya secara baik," kata Harisson, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis dan Sosialisasi Program Pelestarian Kebudayaan di Kalbar, di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Senin (10/7/2023).

Ia menyebut, di Kalbar, saat ini tercatat sebanyak 610 warisan budaya tak benda yang telah ditetapkan. Ini sudah menjadi aset. Harus dimanfaatkan untuk mendongkrak pariwisata.

“Kita harus mampu mengangkat budaya-budaya ini untuk mendukung sektor pariwisata dan mengangkat ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Harisson pun menegaskan, Pemprov Kalbar lewat dinas terkait, terus berupaya untuk mengabadikan dan melakukan pelestarian budaya baik berupa cagar budaya, warisan budaya tak benda dan budaya lainnya.

Adapun kegiatan Rakornis dan Sosialisasi Program Pelestarian Kebudayaan tersebut digelar selama tiga hari. Mulai dari 10-12 juli 2023.

Kegiatan ini turut diikuti akademisi, pegiat budaya, perwakilan masyarakat serta pihak-pihak pemerharhati kebudayaan Kalbar lainnya.(Dwi)***

Leave a comment