Tujuh Destinasi Wisata Belanja Recommended di Pontianak: dari Beli Oleh-Oleh Khas hingga Cuci Mata

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Bagi Anda yang berkunjung ke Pontianak, tidak lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh khas. Nah, sedikitnya ada tujuh destinasi wisata belanja yang direkomendasikan.

Ketujuh tempat ini menyuguhkan beragam oleh-oleh khas. Tidak hanya makanan atau minuman, ragam produk wisata di Pontianak atau kalimantan Barat pun ada.

Sebut saja batik Dayak dan berbagai pernak-perniknya. Artinya, di tujuh destinasi wisata belanja di Pontianak ini Anda bisa membeli oleh-oleh khas sekaligus cuci mata.

Tujuh tempat yang dimaksud berupa toko, dia tunggal. Artinya bukan komplek pertokoan maupun pusat belanja. Nah untuk tempat seperti ini, setidaknya ada dua di Pontianak.

Pertama, Pusat Belanja Kapuas Besar di Darat Sekip, Kecamatan Pontianak kota. Bangunannya sangat luas yang diisi oleh puluhan toko. Tersedia makanan khas, pakaian, perhiasan, aksesori, dan kerajinan tangan.

Kedua, Komplek PSP yang juga berada di kawasan Sekip Darat, tepatnya di Jalan Patimura. Sepanjang jalan terdapat toko oleh-oleh khas Pontianak.

Anda bisa bebas memilih barang kesukaan sebagai buah tangan. Adapun makanan atau jenis barang tersedia, yaitu lempok durian, olahan lidah buaya, kerupuk ikan, amplang, kopi, aksesori, dan sebagainya.

Nah, berikut tujuh toko yang menjual oleh-oleh khas Pontianak seperti dilansir keluyuran.com, Senin (21/8/2023):

  1. Toko Happy

Toko Happy merupakan tempat belanja oleh-oleh yang cukup populer. Letaknya di Jalan Sisimangaraja, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota. Setiap hari tempatnya selalu ramai pengunjung, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada berbagai jenis makanan khas Pontianak yang bisa kamu dapatkan di tempat ini. Selain ada makanan, toko satu ini juga menyediakan beberapa alat keperluan rumah tangga. Harga yang ditawarkan cukup murah dengan kualitas baik. Yang paling populer di toko ini adalah yaitu ikan asin talang.

  1. Toko Batik Ulfa

Toko ini berada di Jalan Patimura, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota. Di sini Anda dapat menemukan batik khas etnik Dayak. Ada beragam jenis dan warna yang tersedia. Anda bisa memilihnya dengan bebas.

Pelayanan penjualnya ramah membuat pengunjung nyaman belanja berlama-lama. Untuk soal harga, tidak perlu khawatir. Anda bisa menawar harga, yang jelas batik di sini terbuat dari bahan pilihan dengan kualitas terbaik.

  1. Toko Cindai

Cindai tempat belanja oleh-oleh yang recommended di daerah Pontianak. Lokasinya berada di Jalan Pengeran Antasari, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota yang cukup ramai lalu-lalang kendaraan bermotor. Bangunannya minimalis, rapi, dan bersih.

Meski tempatnya kecil, tetapi persediaan barang dan makanannya cukup lengkap. Tersedia aneka camilan olahan lidah buaya, baju batik, aksesori, dan aneka keripik. Untuk harganya terjangkau dan tidak menguras kantong.

  1. Toko Ponti Bonti

Ponti Bonti Cake merupakan oleh-oleh kekinian yang wajib Anda beli di Pontianak. Di sini Anda bisa menikmati lembutnya cake dengan varian rasa menggugah selera. Terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota.

Ada enam menu populer yang paling banyak diminati yaitu Ponti Bonti Durian, Ponti Bonti Banana, Ponti Bonti Nutela. Kemudian, Ponti Bonti Cheese, Ponti Bonti Chocolate, dan Ponti Bonti Matcha. Harga satuanya terjangkau dengan porsi yang cukup besar.

  1. Toko Along

Toko Along yang terletak di Jalan Gajah Mada, Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan ini selalu ramai pengunjung. Pasalnya toko ini termasuk sebagai tempat belanja oleh-oleh terlengkap.

Di sini Anda bisa membeli dodol yang rasanya juara. Ada tiga varian dodol populer yaitu rasa labu, ketan hitam, dan kribang. Barang-barang tersusun rapi di rak, pengunjung bisa mengambil sendiri barang kebutuhannya.

  1. Toko Obor

Toko Obor juga tempat belanja oleh-oleh yang recommended di Pontianak. Tersedia aneka makanan dan camilan yang cocok sebagai buah tangan. Tempatnya sejuk sehingga membuat pengunjung nyaman dan betah belanja berlama-lama.

Di tempat ini Anda bisa menemukan manisan kelapa, sambal ebi spesial, sirup sengkit, kue pia. Ada juga lapis legit, peyek, madu, ikan asin, dan aneka keripik. Letaknya di Jalan Hijas, Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan.

  1. Toko Barokah

Lokasinya berada di Komplek Agrobisnis, tepatnya di Jalan Budi Utomo, Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Toko ini merupakan tempat belanja oleh-oleh yang terbuat dari olahan lidah buaya. Harganya cukup terjangkau oleh semua orang.

Letaknya memang agak jauh dari pusat kota, namun di tempat ini Anda bisa bebas memilih olahan lidah buaya favorit. Lidah buaya dapat diolah menjadi beberapa macam makanan yaitu dodol, manisan, kerupuk, teh, kopi, dan lainnya.

Demikian soal destinasi wisata belanja di Pontianak, mengunjungi toko untuk beli oleh-oleh sekaligus cuci mata. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment