Tak Mau Kecolongan Soal K3, PMI Kalbar Terapkan K3 Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan himpunan nasional Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Sebagaimana diketahui, PMI bertugas membantu penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan dan pelayanan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.

Demikian pula halnya, pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang ada di PMI kalbar, berupaya untuk meningkatkan perlindungan para petugas, dengan perlengkapan APD yang mendukung.

Menurut Very Budiman selaku Kepala Markas PMI Kalbar, penerapan K3, dilakukan dengan memberikan pelatihan pertolongan pertama (PP) secara berkala kepada petugas.

“Memberikan pelatihan cara kerja aman, penggunaan APD serta cara menghindari resiko kecelakaan kerja,” terangnya pada Rabu (23/8/20230.

Ia menambahkan, seperti penggunaan warna pakaian PMI saat hendak membantu penyelamatan di lapangan, warna maupun logo PMI sudah disesuaikan dengan ketentuan.

Untuk itu, lanjutnya setiap petugas PMI, wajib menerapkan manajemen K3 yang terintegrasi dengan sistem manajemen yang ada di perusahaan.

“Kita lihat dari meningkatnya permintaan pelatihan pertolongan pertama (PP) di bidang perusahaan seperti Perhotelan, Telkom dan Pertamina terkait bagaimana memberikan pertolongan pertama (PP) saat mengalami insiden kecelakaan kerja,” ujarnya

Menurutnya, pentingnya diadakan sosialisasi pelatihan di perusahaan untuk membudayakan K3, dengan memberikan dukungan dalam upaya meningkatkan perlindungan kerja.

Ia berharap semua perusahaan memang memiliki ketenagakerjaan yang banyak, dapat dilakukan pelatihan K3 terutama untuk Pertolongan Pertama (PP) kecelakaan di tempat kerja. (Evi)***

Leave a comment