Tak Perlu Pusing Lagi, Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Melalui ChatGPT Sangat Gampang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Dalam memudahkan pengguna, kini cara membuat surat lamaran kerja bisa dilakukan dengan bantuan ChatGPT dengan mudah dan simpel.

Untuk melakukan cara membuat surat lamaran kerja via ChatGPT, harus mengetahui beberapa langkah penting. Dengan begitu, pengguna dapat mengoperasikannya dan terhindar dari error.

Lebih dari itu, cara membuat surat lamaran kerja dengan bantuan ChatGPT ini tergolong meringankan pengguna. Sehingga mereka tidak perlu lagi mencari ragam referensi yang berbeda.

Telah diketahui oleh kebanyakan orang, ChatGPT sendiri merupakan tools yang dikemudikan oleh program chatbot AI. Mesin ini sebenarnya alat kecerdasan buatan, atau biasa dikenal dengan Artificial Intelligence (AI).

ChatGPT dapat menanggapi segala kata dan kalimat yang diajukan oleh pengguna berdasarkan Language Model. Cara kinerja inilah yang digemari oleh pengguna.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan seluruh permintaan pengguna yang diajukan pada tools AI tersebut disajikan cukup cepat.

Oleh karena itu, bila hendak membuat surat lamaran kerja berdasarkan bantuan ChatGPT harus memasukkan kata kunci yang jelas.

Untuk mengetahui tata caranya, berikut cara membuat lamaran kerja dengan bantuan ChatGPT:

  1. Masuk ke laman ChatGPT, sebagaimana laman berikut https://chat.openai.com.
  2. Bila belum pernah menggunakan jasanya sama sekali. Hendaklah membuat akun terlebih dahulu, pengguna bisa menggunakan akun Gmail untuk sign up.
  3. Bagi pengguna yang telah memiliki akun, lompati cara di atas. Selanjutnya, langsung log in saja menggunakan akun yang sudah terdaftar.
  4. Pengguna akan ditampilkan laman chat.
  5. Masukkan prompt dalam command yang jelas di kolom pesan.
  6. Submit atau kirim prompt yang telah diketik.
  7. Tunggu ChatGPT memprosesnya.
  8. ChatGPT pun akan menyajikan beberapa hasil yang bisa dipilih sesuai keinginan.
  9. Bila di antara hasil perama kurang memuaskan hati, pengguna dapat meminta hasil lain yang lebih bervarian.
  10. Klik 'Regenerate Response' untuk mendapat hasil yang berbeda.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat surat lamaran kerja melalui bantuan ChatGPT? Anda bisa menggunakannya di manapun berada.

Agar dapat diketahui dengan lebih jelas, tim Insidepontianak akan memberikan contoh singkat bentuk prompt yang diketikkan.

Sebagai contoh, pengguna harus mengetikkan prompt dengan kalimat lugas dan mudah.

"Tolong buatkan surat lamaran kerja yang hendak saya ajukan di perusahaan A. Kalimat yang tertulis harus berbentuk kata baku dan formal. Beberapa hal penting harus dimuat antara lain:
•Tanggal pembuatan surat kerja. Masukkan angka, bulan, dan tahun.
•Nama pelamar, yakni nama pengguna jasa ChatGPT.
•Posisi (jabatan) yang hendak dilamar, sebutkan dengan jelas.
•Pengalaman pekerjaan yang dipunya."

Meski sangat gampang dioperasikan, pengguna juga harus lebih teliti saat mendapati hasil. Pasalnya, pada beberapa kesempatan ChatGPT memberikan hasil yang akurat.

Hasil penggunaan ChatGPT selayaknya jangan langsung di copy-paste secara mentah. Lebih baiknya, lamaran kerja yang telah dibuat hanya dijadikan sebagai acuan belaka.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja dengan bantuan ChatGPT. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment