Gubernur Kalbar Sutarmidji Bekali Penerapan Generasi Muda Anti Korupsi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat, menggelar kegiatan Sosialisasi Anti Korupsi Bagi Generasi Muda, Kamis (24/8/2023).

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menganalogikan seorang pimpinan baik yang menjabat sebagai Kepala Dinas, kepala badan bahkan kepala kantor harus berdiri tegak di depan anak buah yang dipimpin.

"Dengan kata lain, generasi muda seperti pelajar dan mahasiswa bahwa diri dan lingkungannya harus bersih dan jauh dari perbuatan korupsi," kata Sutarmidji.

Ia juga berpesan kepada Generasi muda dapat berperan secara optimal dalam pemberantasan korupsi, adalah pembenahan terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

"Generasi muda banyak hal yang harus kalian lakukan setiap kali memberikan apapun, hal-hal yang sederhana itu jujur" sambungnya.

Dirinya kembali mengingatkan untuk tetap menggunakan data yang valid disetiap pekerjaan yang dilakukan.

"Untuk seluruh pertimbangan apapun yang kita buat biasakan menggunakan data, dan data itu harus valid," katanya lagi.

Inspektur Provinsi Kalimantan Barat Marlyna mengatakan, sosialisasi Antikorupsi ini bertujuan memberikan gambaran bentuk dukungan dan perkembangan atas peran serta upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Memperkuat sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan Lembaga Pendidikan dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi serta memperluas keterlibatan masyarakat dalam menyebarkan dan mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi.

"Sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi," urainya.

Lebih lanjut Marlyna mengutarakan, dalam upaya pendampingan aksi pencegahan korupsi di lingkungan Pemerintah provinsi Kalbar, inspektorat telah melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi sosialisasi ini baik di internal pemerintah sendiri terhadap ASN di lingkungan Pemerintah provinsi Kalbar.

"Kami juga menyasar kepada masyarakat dan kali ini adalah pada generasi muda," tuturnya.

Kegiatan ini turut dihadiri ratusan mahasiswa, serta anak-anak SMA/SMA Pontianak.

Kegiatan dilaksanakan pukul 08.00 WIB. (Dwi)

Leave a comment