Film Tanah Air Kedua, 50 Tahun Indonesia – Korea, Pasangkan Aktor Kim Bum dan Maudy Ayunda

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Aktor Korea Kim Bum dan Maudy Ayunda jadi sorotan publik, keduanya terlibat dalam produksi film berjudul 'Tanah Air Kedua'.

Diceritakan Kim Bum dan Maudy Ayunda menjadi sepasang suami istri dalam film 'Tanah Air Kedua' ini. Sosok aktor Korea ini bahkan didaulat menjadi pemeran utama dalam film tersebut.

Film 'Tanah Air Kedua' merupakan penghormatan atas 50 tahun hubungan Indonesia dan Korea, dan melalui peran Kim Bum dan Maudy Ayunda hubungan manis antara kedua negara itu tervisualisasikan begitu apik.

Seperti yang dilansir dari Jabarprov.go.id, Rabu (30/8/2023), Kim Bum memerankan sebagai sosok yang bernama Komarudin dengan nama Korea, Yang Chil Seong. Sedangkan Maudy Ayunda yang menjadi lawan mainnya berperan sebagai istri Komarudin, gadis desa yang lahir dan besar di Garut.

Adalah Rudy Gunawan, selaku Bupati Garut yang menjadi penggagas hadirnya film ini. Dalam pertemuannya dengan Duta Besar Korea Selatan, Lee Sang Deok pada tanggal 25 Agustus 2023, dan berlangsung di Keduataan Besar Korea di Jakarta, ide memproduksi film ini tercetus.

Meskipun tema besarnya adalah karena aspek krusial dari kerja sama antar kedua negara, film 'Tanah Air Kedua' ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi investasi yang dimiliki oleh Kabupaten Garut.

Menariknya, film ini bukan hanya mendapat dukungan dari pihak-pihak yang berkecimpung di industri perfilman, bahkan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto memberikakan pengharaggan terhadap rencana kolaborasi itu.

Mengambil lokasi syuting di dua tempat yang berbeda, yakni Garut dan Korea Selatan, film ini rencananya akan diproduksi pada bulan Oktober 2023 mendatang.

Mengisahkan perjalanan perjuangan Yang Chil Seong, seorang warga Korea yang tinggal di Indonesia selama Perang Dunia II, lalu dia menjadi sosok pahlawan karena telah berjuang bersama masyarakat Garut melawan penjajahan; Belanda pasca Indonesia merdeka dari Jepang.

Yang Chil Seong lantas berganti nama menjadi Komarudin, itupun karena masyarakat Garut sulit melafalkan nama Korea yang dimilikinya.

Dan siapa sangka, nama itu bak cahaya, karena akhirnya sosok Yang Chil Seong justru memiliki pengaruh sekaligus inspirasi saat melawan pasukan Belanda.

Tambah lagi kemampuan Yang Chil Seong dalam merakit bom menjadi keberuntungan tersendiri bagi masyarakat Garut dalam menghadapi situasi perang saat itu.

Dia juga memberikan edukasi kepada masyarakat Garut untuk belajar merakit bom, peluru, dan pengetahuan lain terkait strategi dalam melawan musuh di masa itu.

Terlepas itu sosok Kim Bum sendiri yang sudah familiar di kalangan pecinta film dan drama Korea memunculkan rasa penasaran yang luar biasa bagi publik.

Mengingat sosok yang diperankannya adalah sebagai warga asing di bumi pertiwi Indonesia, sebagai Komarudin yang tinggal di Garut pastilah aktor ini nantinya berpakaian berbeda dari penampilannya selama ini di film dan drama yang dia lakoni. (Adelina). ***

Leave a comment