Jangan Panik, Begini Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Gmail

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk melakukan cara melacak ponsel hilang dengan Gmail ada langkahnya tersendiri. Opsi ini cukup mudah dilakukan melalui penampilan lokasi pada peta.

Artikel cara melacak ponsel hilang dengan Gmail ini juga bisa menjadi cara alternatif. Pasalnya, mengetahui lokasi pencuri bisa dilakukan meski jaraknya cukup jauh dari tempat pencarian.

Selain itu, trik tentang cara melacak ponsel hilang dengan Gmail ini bisa dilakukan pada jenis perangkat universal. Artinya, Anda bisa melakukannya meski menggunakan PC dan laptop.

Pada dasarnya, Gmail merupakan sebuah aplikasi yang melayani jasa pengiriman surel kepunyaan Google. Pada perangkat Android akun tersebut tidak hanya digunakan untuk bertukar surat elektronik saja.

Banyak sekali aplikasi yang bergantung pada Gmail. Oleh sebab itu, hadirnya akun Email milik Google ini sangat penting untuk kebutuhan dasar lainnya.

Selain itu, sebuah peta digital yang dipasangkan pada hampir seluruh ponsel juga membutuhkan akun tersebut. Dengan demikian, Gmail bisa melacak lokasi perangkat.

Sebagai contoh mendasar, akun yang baru login juga akan diberikan informasi mengenai jenis perangkat dan lokasi terkini.

Berdasarkan dari informasi tersebut, ponsel yang hilang juga akan diketahui. Asalkan setiap pengguna tahu tentang langkah-langkahnya.

Sebelum melakukan hal itu, pastikan pengguna benar-benar melogin akun Gmail pada perangkat. Tidak hanya itu saja, alamat akun dan password yang dijadikan pengamanan juga harus diingat.

Penjelasan di atas itu sebagai syarat utama untuk mengetahui lokasi terkini dari sebuah perangkat. Nantinya, Gmail dan Google akan memberikan informasi dalam bentuk peta digital.

Setelah benar-benar melakukan langkah tersebut, begini penjelasan detail tentang cara melacak ponsel hilang dengan Gmail:

  1. Buka browser, Anda bisa melakukannya di Google atau Chrome.
  2. Ketik di kolom pencarian alamat myaccount.google.com.
  3. Masukkan akun Gmail untuk memulainya.
  4. Setelah berhasil masuk, pengguna akan ditampilkan halaman pertama yang berisi ragam menu pilihan.
  5. Klik titik sembilan yang berada di pojok atas sebelah kanan.
  6. Klik menu "Account" atau "Akun".
  7. Pilih opsi menu 'Security' atau dalam Bahasa Indonesia berarti 'Keamanan'.
  8. Tekan tulisan yang bernada 'Cek Informasi' ponsel yang telah hilang namun masih memiliki akses ke akun Gmail Anda.
  9. Klik 'Detail Selengkapnya'.
  10. Pilih 'Cari Perangkat'.
  11. Pengguna akan diarahkan ke layanan Find My Device yang dipunyai Google.
  12. Peta lokasi ponsel hilang akan ditampilkan cukup jelas pada layar PC atau laptop.

Selama menuju ke lokasi di peta digital, pastikan perangkat yang digunakan untuk tracking selalu terhubung dengan jaringan Internet.

Alangkah lebih baiknya pengguna melakukan cara tersebut dengan meminjam ponsel milik keluarga, sahabat, atau kerabat dekat lainnya.

Selain jauh lebih ringkas dan simpel. Ponsel juga tidak membutuhkan jaringan internet WiFi. Artinya, selama data internet masih ada pengguna bisa melacaknya dengan mudah.

Perlu diketahui juga, pencarian melalui Find My Device dan akun Gmail ini tidak selalu menunjukkan lokasi dengan akurat. Meski begitu, pengguna dapat mengetahui titik terakhir atau terdekat ponsel hilang.

Demikianlah penjelasan tentang cara melacak ponsel hilang dengan akun Gmail. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment