Manfaat Olahraga bagi Kesehatan: Hindari Penyakit Kronis dan Perbaiki Tubuh

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Olahraga bagi sebagian orang bukan sekadar gaya hidup, dia sudah menjadi kebutuhan. Ini karena olahraga memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh juga kesehatan.

Dengan olahraga, maka tubuh seseorang akan lebih segar. Tidak itu saja, manfaat olahraga juga bisa membuat kesehatan semakin prima dan tentunya bisa terhindar dari penyakit kronis.

Ini bukan basa-basi, pasalanya manfaat olahraga bagi tubuh dan kesehatan telah terbukti sejak dulu. Mereka yang berolahraga cenderung lebih sehat dibanding yang lain.

Melansir ayosehat.kemkes.go.id dan yankes.kemkes.go.id, Sabtu (28/10/2023), olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat sehat dan penting untuk dilakukan secara rutin.

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa olahraga merupakan sebuah kegiatan yang melelahkan, namun di balik itu semua, manfaat olahraga dapat dirasakan oleh tubuh, seperti membentuk kekuatan serta kesehatan tubuh.

Jika kita melakukan olahraga secara konsisten bahkan mampu melakukan sesuai rekomendasi, maka akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat langsung yang didapatkan adalah dapat meningkatkan kognitif dan daya pikir untuk berkonsetrasi, selain itu juga dapat menurunkan risiko depresi, cemas dan gangguan tidur.

Manfaat lainnya adalah dapat menjaga berat badan dengan cara membakar lemak sekaligus membentuk otot yang lebih kokoh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Seseorang yang malas bergerak atau malas berolahraga akan menyebabkan ragam masalah kesehatan, misalnya peningkatan risiko penyakit jantung.

Dengan kata lain, ketika seseorang malas bergerak, maka akan terjadi penurunan metabolisme lemak darah yang berdampak pada meningkatknya kadar LDL atau sering dikenal kolesterol jahat, serta penurunan HDL atau yang dikenal kolesterol baik.

Kolesterol jahat ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di dinding pembuluh darah yang semakin banyak yang disebut dengan aterosklerosis. Aterosklerosis inilah yang menjadi faktor risiko yang bisa berkembang hingga menyebabkan penyakit jantung.
Malas berolahraga juga akan menyebabkan penurunan jumlah pengeluaran kalori, sehingga penggunaan lemak sebagai energi justru akan semakin menumpuk dan menyebabkan berat badan yang berlebih atau obesitas.

Nah, berikut beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh:

  1. Menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh
  2. Membakar kalori di dalam tubuh
  3. Menyehatkan jantung
  4. Mencegah terjadinya obesitas
  5. Mengurangi stres

Jadi, mulai disiplin dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kualitas kesehatan tubuh untuk kini dan waktu mendatang.

Selain itu, menjalankan perilaku hidup sehat juga merupakan cara agar kita semua mampu terhindar dari berbagai penyakit kronis, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Sebagai informasi, The American Heart Association (AHA) merekomendasikan jadwal olahraga bagi orang dewasa adalah dengan melakukan latihan aerobik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu, melakukan latihan aerobik dengan intensitas berat 75 menit per minggu, atau dengan kombinasi keduanya.

Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah bersepeda, berenang, lari di tempat, jogging, bermain bola, bulu tangkis, naik turun tangga, melakukan gerakan tubuh khusus berupa jumping jacks, angkat dumbbell, squat, puah-up, dan mountain climber.

Demikian soal manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment