Tujuh Tips agar Olahraga jadi Kebiasaan yang Sehat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ketika Anda tidak terbiasa melakukan aktivitas olahraga, maka perlu tips agar cara pandang itu berubah. Ini demi hidup yang lebih sehat.

Maksudnya, mengubah kebiasaan memang tidak mudah seperti tidak biasa olahraga menjadi terbiasa. Butuh tips yang tepat agar tubuh Anda lebih sehat.

Ya, menjalani perilaku hidup bersih dan sehat memang tidak gampang. Apalagi rutin olahraga, Anda butuh tips agar itu semua kemudian jadi kebiasaan.

Melansir yankes.kemkes.go.id, Sabtu (28/10/2023), memulai suatu kebiasaan yang baru rasanya memang sulit, bahkan sekali pun itu telah menjadi keharusan atas anjuran dokter karena menderita suatu penyakit tertentu.

Padahal, olahraga adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari berbagai penyakit. Nyatanya, melaksanakan olahraga sesuai rekomendasi ahli tentu sangat sulit, terlebih jika sebelumnya memang jarang berolahraga.

Ada berbagai alasan seseorang untuk tidak berolahraga seperti tidak punya waktu, memiliki banyak tugas yang menumpuk, berolahraga terasa terlalu melelahkan, tidak suka berolahraga, berolahraga itu mahal, olahraga itu berat, tidak memiliki perlengkapan olahraga, dan tidak memiliki motivasi untuk berolahraga.

Oleh karena itu, olahraga menjadi suatu keharusan agar badan tetap terjaga dengan sehat. Untuk mengatasi rasa malas dan kesulitan untuk berolahraga, berikut tujuh tips yang dapat dilakukan:

  1. Tetapkan alasan dan tujuan berolahraga
    Ketika memulai kebiasaan baru, mengawali dari tujuan akhir akan membuat diri kita tergambar akan apa yang sedang dilakukan, sehingga akan memberikan motivasi dan semangat untuk berolahrga.

Menentukan alasan mengapa harus memulai juga akan mendorong diri untuk terus berolahraga meskipun di tengah-tengah proses merasa jenuh.

  1. Tetapkan jadwal olahraga yang konsisten
    Konsisten adalah kunci dari pembentukan kebiasaan, untuk membuat suatu kebiasaan menjadi konsisten maka yang harus dilakukan adalah mengatur olahraga ke dalam jadwal satu pekan kita dengan menjadikannya prioritas.

Disarankan membuat jadwal dilakukan dengan ditulis, sehingga secara tidak langsung akan bisa menggerakkan tubuh untuk melaksanakannya.

  1. Mulai dengan hal yang sederhana
    Berhenti sebelum memulai karena merasa pesimis akan berolahraga akan berujung gagal adalah hal yang sering dialami banyak orang. Sehingga yang terjadi adalah seseorang akan merasa terbebani sebelum berolahraga.

Mulailah dengan hal yang kecil dan sederhana, tidak perlu menetapkan target olahraga menjadi suatu target yang besar dan ideal. Contohnya menetapkan target kecil, mulai dari 5 menit per hari akan menjadikan olahraga terasa lebih mudah.

  1. Hindari pemikiran harus sempurna
    Kaku dan perfeksionis cenderung menjadi musuh saat kita membentuk kebiasaan berolahraga. Perlu disadari bahwa membentuk kebiasaan itu butuh proses di mana tidak dapat terjadi hanya dalam satu hari.

Jadikan olahraga sebagai sesuatu yang realistis yang memungkinkan untuk dilakukan tanpa harus menjadikan olahraga menjadi hal yang harus dengan alat yang mahal dan olahraga di tempat yang luas.

  1. Rangkai dengan sesuatu yang menyenangkan
    Olahraga sepatutnya adalah sesuatu yang menyenangkan, sehingga ketika kita merasa olahranga itu menyenangkan, maka kita akan dengan senang hati untuk mengulanginya.

Kaitkan olahraga dengan sesuatu yang disenangi seperti berlari sambil mendengarkan musik, bersepeda statis sambil menonton TV atau berolahraga bersama dengan mengajak teman atau keluarga.

  1. Bersabar, kebiasaan membutuhkan waktu
    Hasil yang ingin diraih tidak akan bisa terjadi dalam waktu sekejap, bisa saja di tengah-tengah akan merasa jenuh, tidak memberikan efek positif, bahkan hanya akan membuat badan lelah.

Berikan ruang untuk tubuh beradaptasi, berproses dan melakukannya secara bertahap. Fokus pada proses tanpa terburu-buru ingin mendapatkan hasilnya sekarang juga.

  1. Kenali Batasan diri
    Ketika memulai berolahraga fokus pada pencapaian diri sendiri, jangan banding-bandingkan dengan pencapaian orang lain. Selain itu, konsultasikan dengan dokter jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

Keterbatasan lain dipengaruhi juga dengan usia, jenis kelamin, dan kebugaran personal. Sehingga, mengetahui batasan berolahraga juga harus diperhatikan bagi setiap orang.

Demikian soal tips agar olahraga bisa menjadi kebiasaaan demi hidup yang lebih sehat. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment