Pemprov Kalbar Dorong Rumah Sakit Swasta Berikan Layanan BPJS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Sekda Kalimantan Barat, Muhammad Bari mendorong rumah sakit swasta di Kota Pontianak bisa memberikan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat sehingga ada alternatif rujukan.

Menurut Bari, kerap terganggunya pelayanan RSUD Soedarso Pontianak dikarenakan terjadinya overcapacity pemakaian tempat tidur, karena masyarakat berbondong-bodong ke RSUD Soedarso.

Muhammad Bari mengatakan, RSUD Soedarso Pontianak terus berupaya memperbaiki mutu layanan rumah sakit.

Sebab, RSUD Soedarso adalah rumah sakit rujukan utama yang menerima rujukan dari seluruh rumah sakit di Kalbar.

Namun, Bari memastikan, Soedarso tidak pernah menolak pasien yang dirujuk. Semua tindakan dilaksanakan berdasarkan pertimbangan ilmu kedokteran dan kondisi pasien.

"Adapun antrean penanganan pasien terjadi karena adanya overcapacity pemakaian tempat tidur bagi pasien yang disebabkan banyaknya rujukan pasien BPJS," katanya.

Mereka memilih berkibar ke RSUD Soedarso karena rumah sakit besar di Pontianak, selain Yarsi, belum memiliki kerja sama dengan pihak BPJS.

"Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalbar berupaya untuk mengajak rumah sakit swasta agar bisa memberikan pelayanan BPJS dan melakukan pembinaan kepada rumah sakit Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan pelayanannya," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment