Jangan Sembarangan Beli Koper, Lihat Material dan Ukuran Lebih Dulu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Koper sudah menjadi kebutuhan pokok untuk orang yang ingin bepergian. Karena itu, sebelum membeli, perhatikan dulu materrial dan ukuran koper tersebut.

Dua hal ini penting karena material tentu berhubungan dengan daya tahan sedangkan ukuran selalu berurusan dengan daya tampung koper.

Artinya, dengan memperhatikan material dan ukuran sebelum membeli koper, maka Anda tidak akan melakukan hal ynag sia-sia atau merugi.

Melansir gramedia.com, Sabtu (4/11/2023), koper merupakan sebuah perlengkapan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan untuk memuat berbagai macam kebutuhan penggunanya ketika bepergian jauh.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihak produsen koper sudah menyediakan berbagai ukuran koper dan desainnya yang bervariasi.

Oleh karena itu, saat akan membelinya, perhatikan beberapa tips ini agar tidak kecewa:

  1. Pilih Koper Softcase atau Hardcase
    Ada dua jenis material koper yang diproduksi oleh produsen koper, yakni jenis softcase dan juga hardcase.

Koper dengan material softcase mempunyai berat yang ringan tapi lebih ringkih, sehingga tidak bisa melindungi isi koper dengan maksimal. Pilihlah bahan ballistic nylon yang sudah teruji digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Koper hardcase biasanya mempunyai kelebihan yaitu bisa memberikan rasa aman untuk penggunanya. Sebab, isi yang ada di dalam koper bisa terlindungi dengan baik.

Akan tetapi, kekurangan dari koper hardcase ini yaitu para pengguna akan merasa cukup keberatan ketika menenteng jenis koper ini.

Untuk koper yang berbahan hardcase, sebaiknya pilih yang berbahan polycarbonate. Pasalnya, bahan tersebut cukup kuat dan ringan, walaupun tertimpa atau terlempar saat bongkar muat di kargo bandara.

  1. Perhatikan Ukuran dan Daya Tampung
    Dalam memilih koper, pastikan koper yang dipilih bisa memuat semua barang bawaan sehingga penting untuk memilih ukuran koper yang paling tepat.

Biasanya, ukuran koper di bagasi akan dihitung per centimeter, yakni panjang x lebar x tinggi, dimulai dari bagian roda koper sampai bagian permukaan atas koper.

  1. Perhatikan Kondisi Roda dan Pengamanan Koper
    Kenali dan perhatikan berbagai macam jenis roda koper ketika membelinya, seperti roda dua atau roda empat.

Pastinya, koper yang memiliki roda empat ini akan lebih mudah untuk digerakkan walaupun beban di dalamnya cukup berat. Tidak hanya itu, meskipun di atasnya diletakkan tas tenteng, kopernya tetap mudah digerakkan.

Alangka baiknya, memiliki koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved atau TSA yang memenuhi standar keamanan internasional. Hal ini bertujuan supaya koper tetap aman dalam perjalanan.

  1. Pilih Harga Koper Terbaik
    ika membahas tentang kualitas, umumnya harganya juga akan ikut dalam menentukan kualitas koper tersebut. Hal itu juga berlaku pada saat membeli koper.

Oleh karena itu, pastikan membayar harga yang sepadan dengan kualitas koper yang ibeli. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membandingkan satu produk dengan produk yang lainnya.

  1. Pilih Toko yang Kredibel
    Toko yang kredibel dan profesional umumnya akan menawarkan atau menjual produk yang berkualitas. Saat ini, bisa dibilang mudah ketika mencari koper karena sudah ada banyak toko online.

Agar lebih murah, sebaiknya jangan sia-siakan promo ataupun diskon terbaik yang ditawarkan oleh toko. Dengan begitu, bisa memperoleh koper dengan harga terbaik.

Demikian soal tips memilih koper, terutama perhatikan soal material dan ukuran koper tersebut. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment