Ini Tips dan Cara Packing Baju di Koper agar Tak Kusut

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Adalah menjengkelkan ketika menemukan baju kusut dari koper padahal sudah merasa packing dengan benar. Nah, tulisan ini akan menunjukkan tips dan cara agar hal itu tak terjadi.

Ya, masalah baju kusut bak momok bagi orang yang sedang bepergian. Pakaian tersebut biasanya diletakkan dalam koper dan telah di-packing sedemikian rupa.

Nyatanya, salah packing baju di koper ternyata bisa membuat pakaian itu kusut hingga tak sedap dipandang saat dikenakan.

Melansir baller.co.id, Sabtu (4/11/2023), memang dibutuhkan cara packing yang efektif sangat penting dilakukan agar nyaman dan percaya diri saat berlibur.

Nah, berikut ini beberapa tips dan cara packing agar baju di koper tidak kusut.

  1. Seleksi Baju
    Pilih baju berdasarkan jenis atau yang benar-benar dibutuhkan agar sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan di tempat tujuan. Jangan membawa baju yang terlalu banyak atau kurang relevan, karena ini hanya akan membuat koper berat dan tidak efektif.
  2. Pilih Bahan yang Tepat
    Pastikan membawa baju-baju yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kusut, seperti katun atau linen. Hindari membawa baju yang terbuat dari bahan sintetis atau yang berkerut dengan mudah.
  3. Gulung Baju
    Salah satu cara efektif untuk packing baju di koper adalah dengan menggulung baju. Melalui cara ini, Anda dapat menghemat ruang dalam koper dan mencegah baju menjadi kusut.

Anda bisa mulai dengan meletakkan baju di atas permukaan datar, lalu lipat bagian bawah baju ke dalam dan gulung baju dari bagian bawah ke atas.

  1. Gunakan Kotak Kemasan
    Packing cube atau kotak kemasan adalah kotak kecil yang terbuat dari bahan kain atau plastik yang dapat digunakan untuk memisahkan baju. Anda dapat mengorganisir baju sesuai dengan jenis atau warnanya. Ini akan membantu untuk menjaga kebersihan dan keteraturan dalam koper.
  2. Gunakan Teknik Vakum
    Jika hendak membawa baju yang banyak, teknik vakum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat ruang di dalam koper. Cara ini melibatkan penggunaan alat vakum untuk mengeluarkan udara dari koper sehingga baju dapat dipadatkan.
  3. Lipat Baju Secara Vertikal
    Cara efektif lain yang dapat dilakukan untuk packing baju di koper yaitu dengan melipat baju secara vertikal. Caranya, lipat baju menjadi dua dan kemudian lipat lagi menjadi empat.

Letakkan baju yang sudah dilipat di atas koper dan ulangi langkah ini sampai semua baju yang akan dibawa sudah terlipat. Dengan cara ini, Anda dapat melihat semua pakaian dengan mudah tanpa harus mengganggu tumpukan barang lainnya.

  1. Letakkan Tisu pada Setiap Lipatan Baju
    Agar baju tetap rapi dan terhindar dari kusut, Anda dapat menempatkan tisu pada setiap lipatan baju. Tisu dapat membantu melindungi baju dari gesekan yang dapat menyebabkan kerutan pada baju. Selain itu, tisu juga dapat membantu menyerap kelembaban yang dapat merusak baju.
  2. Lapisi Baju dengan Kantung Dry Cleaning
    Jika membawa baju yang terbuat dari bahan yang mudah rusak atau baju formal seperti jas, sebaiknya lapisi baju tersebut dengan kantung dry cleaning.

Kantung ini berfungsi untuk melindungi baju dari debu dan kotoran yang dapat merusak bahan baju. Kantung dry cleaning dapat mencegah baju menjadi kusut karena memiliki permukaan yang halus dan tidak kasar.

  1. Baju Paling Ringan Diletakkan di Atas
    Untuk mencegah koper menjadi tidak seimbang, Anda dapat menempatkan baju yang paling ringan paling atas. Baju yang paling berat sebaiknya diletakkan di dasar koper untuk menjaga keseimbangan.

Pola penempatan baju ini akan membantu mencegah koper terbalik selama perjalanan. Cara ini juga akan membantu untuk menjaga barang-barang yang ada di bawahnya tidak terlalu terjepit atau terkompresi.

  1. Memisahkan Barang ke Dalam Koper
    Untuk memasukkan barang lain seperti peralatan mandi, sepatu, atau produk perawatan dalam koper, pastikan meletakan barang-barang tersebut di ruang kosong dalam koper tersebut.

Metode ini dilakukan agar baju dan barang yang ingin dibawa tertata dengan rapih sehingga Anda tidak perlu mengacak-acak seluruh isi koper.

  1. Gunakan Koper yang Kuat
    Pilih koper yang kuat dan tahan lama untuk membawa baju-baju saat berlibur. Memakai koper yang kurang kuat akan membuat baju-baju kamu mudah tergeser dan terhimpit.

Anda bisa menggunakan koper berbahan aluminium agar kondisi baju tetap rapi tanpa perlu khawatir meski ada terpaan dari luar koper.

Demikian soal tips dan cara packing baju di koper agar tidak mudah kusut. Semoga bermanfaaat. (Adelina). ***

Leave a comment