Obat Alami Rumahan Ampuh Atasi Nyeri Sendi, Ini 5 Bahannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Nyeri sendi merupakan penyakit umum. Namun lebih rentan dialami seiring dengan usia yang semakin bertambah.

Penyakit ini sangat menggangu aktivitas. Membuat kemampuan gerak menjadi berkurang. Umumnya, untuk meredakan nyeri sendi, biasanya orang mengkonsumsi obat dokter.

Padahal, ada sejumlah bahan alami yang bisa dijadikan alternatif obat tradisional, yang dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi kekakuan.

Melansir laman Times of India, nyeri sendiri juga bisa diobati dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut lima bahan rumahan yang dipercaya bisa mengatasi nyeri sendi.

1. Kunyit dan Susu

Cara pengolahannya, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Sifat anti-inflamasi kunyit dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Selain itu, susu kaya akan kalsium, yang bila dikombinasikan dengan kunyit membantu mengurangi dan menyembuhkan peradangan dan nyeri.

2. Minyak Ajwain

Pengaplikasian minyak biji karom dan minyak biji wijen dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat nyeri sendi.

3. Fenugreek

Rendam satu sendok teh biji fenugreek dalam air semalaman dan konsumsilah di pagi hari. Fenugreek dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri sendi serta mengurangi kekakuan. Minum air ini juga membantu mengurangi kadar gula.

4. Minyak Jarak

Untuk mengatasi nyeri sendi, Anda bisa mengoleskan minyak jarak hangat, dengan 1 sendok makan kunyit pada sendi yang terkena dan menutupi sendi dengan kain.

Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan jika digunakan secara bertahap.

5. Bubuk Triphala

Ayurveda Limited Triphala adalah herbal yang dapat membantu detoksifikasi tubuh. Mengonsumsi satu sendok teh bubuk triphala dengan air hangat sebelum tidur bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, yang secara tidak langsung membantu mengatasi nyeri sendi.

Inilah 5 bahan rumahan yang bisa menjadi alternatif untuk mengobati nyeri sendi. Silakan dicoba!***

Leave a comment