Manfaat Terong Belanda bagi Tubuh, si Kecil yang Kaya Vitamin C

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Pernah dengar atau konsumsi terong Belanda? Ya, buah kecil ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Yang paling nyata, terong Belanda mengandung cukup banyak vitamin C. Artinya, manfaat mengonsumsi buah ini akan membuat tubuh Anda semakin sehat.

Namun, jangan berpikir kalau terong Belanda ini berasal dari Belanda. Buah yang banyak manfaat bagi tubuh ini sejatinya dari Amerika Selatan.

Melansir halodoc.com, Rabu (8/11/2023), meski masuk dalam keluarga terong, buah terong Belanda mempunyai warna kuning jingga atau merah.

Sekilas, buah dengan sebutan lain tamarillo ini mirip dengan telur. Buah yang memiliki nama latin Solanum betaceum ini bisa Anda jumpai pada wilayah Asia, Australia, dan Amerika.

Nah, dalam 100 gram buah terong Belanda, terkandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu 12 miligram. Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Dari beragam nutrisi tersebut, berikut beberapa manfaat terong Belanda yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh:

  1. Mencegah obesitas
    Studi dalam Journal of Obesity menyebutkan, berat badan tikus gemuk yang mengonsumsi ekstrak buah ini cenderung stabil. Meski begitu, tentu masih perlu adanya penelitian lain untuk memastikan manfaat buah terong belanda pada manusia.
  2. Menjaga daya tahan tubuh
    Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini memberikan perlindungan pada sel tubuh dari paparan radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C dalam buah ini juga memiliki peran penting dalam produksi sel darah putih. Sementara itu, vitamin B kompleks memberikan dukungan yang optimal pada proses metabolisme tubuh.
  3. Menurunkan tekanan darah
    Terong Belanda baik untuk menurunkan tekanan darah berkat kandungan karotenoid. Senyawa tersebut membawa sifat antioksidan yang memberi perlindungan pada sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas.

Anda perlu tahu bahwa paparan radikal bebas dapat meningkatkan kerusakan pada pembuluh darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Ini termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker
    Selain menurunkan tekanan darah, karotenoid dan antosianin dalam terong Belanda juga efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena karotenoid yang berperan aktif dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi peradangan.

Antosianin juga bekerja aktif dalam memerangi berbagai masalah kesehatan kronis. Ini termasuk stroke, penyakit jantung koroner, dan kanker. Meski begitu, mekanisme kerja senyawa tadi baru terbatas pada uji terhadap hewan. Jadi, masih perlu adanya uji klinis lanjutan pada manusia.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
    Manfaat terong Belanda lainnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan berkat kandungan fenol dan seratnya. Fenol akan merangsang munculnya bakteri baik dalam usus dan meningkatkan keberagamannya.

Jadi, mengonsumsi makanan sehat ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami perut kembung atau sembelit.

  1. Mendukung kesehatan mata
    Khasiat ini berasal dari kandungan vitamin A pada buah. Jenis vitamin tersebut bisa menjaga selaput lendir dan sel permukaan mata tetap sehat.

Selain itu, vitamin A juga bekerja aktif dalam menjaga mata dari infeksi, iritasi, juga kerusakan. Tak kalah pentingnya, manfaat lain dari vitamin A termasuk mencegah terjadinya berbagai keluhan kesehatan mata.

  1. Baik untuk tulang
    Buah ini juga baik untuk tulang karena kandungan fosfor dan kalsiumnya. Keduanya membentuk struktur gigi dan tulang yang kuat. Sebab, tubuh setidaknya memerlukan fosfor sebanyak 85 persen pada tulang dan gigi.
  2. Terhindar dari gejala penuaan
    Siapa sangka, terong belanda juga berkhasiat untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini. Ini karena kandungan antioksidan dalam buah yang melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat polusi dan paparan sinar UV yang dapat memicu munculnya berbagai tanda penuaan.
  3. Mendukung kesehatan otak
    Manfaatnya yang terakhir adalah mendukung kesehatan otak karena kandungan folat dan vitamin B. Folat menjadi senyawa yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan jaringan otak.

Sementara itu, vitamin B memberikan dukungan penuh terhadap proses metabolik yang sangat penting untuk kerja otak yang lebih optimal. Kedua nutrisi ini mengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi energi.

Demikian soal manfaat terong Belanda bagi kesehatan tubuh Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment