Selain Jus dan Sirup, Terong Belanda Cocok Dijadikan Tujuh Menu Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Adalah rahasia umum kalau terong Belanda sangat menyehatkan, biasanya dikonsumsi langsung atau dijadikan jus. Menariknya, buah ini juga cocok diolah dengan berbagai menu.

Jus terong Belanda mungkin sudah mainstream, termasuk ketika dijadikan sirup. Nah, pernah dengar menu sandwich terong Belanda atau bolu terong Belanda?

Artinya, selain jus dan sirup, sejatinya terong Belanda bisa diolah dengan beragam menu. Tentunya ini tak menghilangkan kadar kandungan buah yang kaya manfaat ini.

Melansir blog.sayurbox.com, Rabu (8/11/2023), sejatinya terong Belanda dapat langsung dikonsumsi, rasanya khas buah manis asem yang bikin enak kalau dinikmati tanpa diolah.

Namun, selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa coba tujuh cara makan terong Belanda yang enak dan sehat ini.

  1. Fruit Tart
    Terong Belanda memang termasuk kedalam jenis buah-buahan, daging buah berair dengan rasa dominan asamnya walaupun ada sedikit rasa manis. Cocok dijadikan salah satu bahan kue karena bisa menambah kaya rasa kue.
    Terong Belanda yang diolah menjadi fruit tart juga cenderung berkurang rasa asamnya. Rasa manis dari adonan kue akan berpadu sempurna dengan rasa terong Belanda. Kemudian, agar rasanya lebih kaya, Anda juga bisa mencampurnya dengan beberapa buah lain seperti apel, strawberry, atau pisang.
  2. Topping Yoghurt
    Cara ini cukup tricky tapi worth the risk. Kalau yoghurt pada dasarnya sudah asam, dengan terong belanda yang punya rasa variatif bisa diakali dengan terong belanda di panggang dengan madu sebelum dijadikan topping.

Jadi rasa asam dan manis lebih seimbang. Menu ini sangat cocok untuk dicoba saat sarapan, apalagi kalau Anda menambahkannya dengan oatmeal. Selain enak, cara makan terong Belanda ini juga cukup mengenyangkan.

  1. Smoothie
    Anda bisa mencoba mengolah terong Belanda menjadi smoothie. Cara makan terong Belanda satu ini lebih simple dan menyehatkan.

Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan lainnya, yoghurt, madu. Supaya lebih menyegarkan, Anda bisa menambahkan es saat terong Belanda di-blender.

  1. Sandwich
    Sandwich adalah salah satu menu sarapan yang banyak disukai. Selain rasanya yang enak, cara membuat sandwich yang praktis pun menjadi keunggulan kenapa makanan ini sangat digemari.

Anda bisa coba menyantap sandwich dengan isian terong Belanda. Rasa terong Belanda yang sedikit asam dapat memberikan rasa segar pada sandwich buatanmu.

  1. Pudding
    Terong Belanda adalah salah satu buah yang nikmat dijadikan makanan penutup. Anda bisa coba cara makan terong Belanda dengan dijadikan olahan hidangan penutup.

Coba buat pudding terong Belanda. Hidangan penutup ini sangat cocok disajikan untuk Anda yang menyukai rasa asam dan manis. Perpaduan rasa terong Belanda dan bahan-bahan pudding lainnya membuat rasa hidangan ini begitu menggugah selera.

  1. Bolu
    Hampir mirip dengan cara membuat carrot cake atau banana cake, untuk membuat bolu terong Belanda pertama-tama Anda perlu menghandurkan buah terong Belanda hingga berbentuk seperti pasta.

Kemudian, campurkan pasta terong Belanda tersebut kedalam adonan bolu. Lalu, bakar bolu di dalam oven hingga matang. Kue bolu terong Belanda pun siap disajikan.

  1. Chutney
    Chutney adalah salah satu makanan yang berasal dari India. Makanan ini mirip dengan sambal pedas tetapi terbuat dari buah-buahan.

Chutney terong Belanda ini mampu memberikan cita rasa yang khas pada masakan. Rasa terong Belanda yang asam berpadu nikmat dengan bahan-bahan pelengkap chutney lainnya. Anda bisa menyajikan chutney dengan roti canai atau roti mariyam.

Demikian ragam menu sehat yang cocok dipadukan dengan terong Belanda, tentunya selain jus dan sirup. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar