5 Cara Atasi HP yang Cepat Panas: Lakukan Secara Rutin Agar Kinerja Smartphone Tetap Stabil

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kadangkala smartphone yang digunakan cepat mengalami panas. Agar bisa mengurangi suhunya, terdapat 5 cara atasi HP yang cepat panas ketika sedang dioperasikan.

Kumpulan trik yang terangkum dalam 5 cara atasi HP yang cepat panas ini cukup teruji. Sehingga, perangkat smartphone tidak akan lagi selalu mendapat suhu yang berlebih ketika sedang dimainkan.

Artikel 5 cara atasi HP yang cepat panas ini mengandung trik yang mudah dilakukan. Asalkan kamu mengikuti setiap langkahnya dengan benar, smartphone akan terhindar dari kondisi overheating saat sedang bekerja.

Perangkat elektronik, termasuk ponsel di dalamnya, memang tidak memungkiri akan mengalami suhu panas. Sehingga, smartphone akan mengalami kendala tertentu dan mengakibatkannya tidak bekerja.

Lebih parahnya, bila terus-menerus mengoperasikan ponsel yang bersuhu panas tinggi, dikhawatirkan smartphone akan mengalami kondisi overheating. Akhirnya, perangkat akan lebih cepat ngedrop.

Lumrahnya, pada keseringan kasus yang terjadi suhu panas ini menyebabkan Center Unit Processing (CPU) dan Graphic Unit Processing akan mengalami problem. Dua sistem di dalam ponsel ini tidak akan bekerja seratus persen lancar.

Di kemudian hari, ponsel yang keseringan berada di suhu panas juga mengakibatkan kerusakan perangkat yang ada di dalamnya. Biasanya yang sering terjadi adalah kebocoran baterai.

Supaya dapat mengatasi problem di atas, berikut 5 cara atasi HP yang cepat panas yang bisa dilakukan dengan benar:

  1. Sediakan Tas Khusus.

Adapun yang dimaksud dengan menyediakan tas khusus, yakni ketika si empu ponsel sering bepergian ke luar ruangan. Menyediakan tas tersebut dapat melindungi ponsel dari paparan langsung sinar matahari.

Bila ponsel keseringan bersentuhan dengan sinar matahari, tidak heran kemudian smartphone akan berada di suhu tinggi.

  1. Nonaktifkan Latar Belakang.

Ragam aplikasi yang sedang dibuka juga sangat mempengaruhi kondisi smartphone. Artinya, bila tidak segera ditutup maka tidak heran akan mengakibatkan suhu ponsel menjadi overheating.

Dengan menonaktifkan latar belakang, alias menutup segera mungkin aplikasi yang tidak digunakan, ponsel akan aman dari overheating dan justru membuat kinerjanya normal.

  1. Lepas Casing HP.

Bila body ponsel sudah terlanjur panas, segeralah secepat mungkin untuk melepas casing yang melindunginya. Sebab, pada beberapa pelindung HP tidak memiliki sirkulasi udara yang lebar.

Atau, segeralah mencari casing ponsel yang mempunyai sirkulasi udara lancar. Dengan begitu, ponsel tetap aman dari benturan dan juga tidak mudah mengalami overheating.

  1. Aktifkan Mode Pesawat.

Mengaktifkan mode pesawat pada sebuah ponsel ternyata juga manjur untuk mengurangi suhu panas. Sebab, mode pesawat dapat memberhentikan pencarian sinyal secara terus-menerus.

Artinya, bila perangkat mengalami kendala dalam sinyal. Kinerja ponsel secara otomatis mencoba untuk mendeteksi sinyal yang kuat. Resikonya, smartphone akan overheating.

Hal ini bisa diakali bila di suatu tempat sinyal tertentu memang lemah. Jangan biarkan HP terus menerus melacak sinyal, melainkan aktifkan mode pesawat untuk sementara waktu.

  1. Tempat HP Harus Jauh dari Barang Elektronik.

Tips terakhir yakni jangan pernah menempatkan HP di dekat barang elektronik lainnya. Hal ini justru memicu energi panas dari barang elektro lain menular ke ponsel.

Barangkali sudah diketahui kebanyakan orang, seluruh perangkat ponsel hampir keseluruhan terbuat dari logam. Bila jarak penempatan HP dekat dengan barang elektro, justru akan mengakibatkan overheating.

Demikianlah uraian mengenai 5 cara atasi ponsel yang panas. Lakukan trik di atas secara rutin, agar ponsel kamu tidak mudah mengalami overheating. (Dzikrullah) ***

Leave a comment