5 Cara Agar Pemakaian Data Seluler Tidak Cepat Habis: Pola Konsumsi Sehat Tanpa Pengeluaran Boros

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mengulas tentang 5 cara agar pemakaian data seluler tidak cepat habis, sama saja mengajak kamu agar memperatikan konsumsi tiap hari, minggu, hingga perbulan dalam pemakaian internet.

Dalam pembahasan 5 cara agar pemakaian data seluler tidak habis ini, kamu akan menemui beberapa tips yang cukup jitu untuk menghemat penggunaan data internet Sehingga, uang bulananmu tidak melulu dihabiskan untuk bermain internet.

Oleh karenanya, artikel yang mengulas 5 cara agar pemakaian data seluler tidak cepat habis rasanya penting untuk disimak. Terlebih lagi, penerapannya tidak menganjurkan berperilaku pelit untuk diri sendiri.

Pada beberapa kasus, adakalanya pengguna memberi komplain kalau sedang memakai data seluler tertentu cepat habis. Padahal, setiap data internet ketika bekerja tidak memandang dari aspek produk buatan operator tertentu.

Justru, pengguna ponsel lah yang tidak menyadari perilaku kesehariannya yang menyebabkan pemakaian data cepat habis. Barangkali, mereka tidak memiliki strategi pas untuk mengatur konsumsi data seluler.

Sebenarnya, terdapat banyak alasan yang melatarbelakangi penggunaan data seluler mengarah ke perilaku boros. Salah satunya pengguna tidak memperhatikan fitur pengirit yang sudah tersedia pada fitur aplikasi.

Supaya tidak terjebak kembali dalam pola penggunaan boros. Perhatikan 5 cara agar pemakaian data seluler tidak cepat habis, di bawah ini ulasannya:

  1. Pantau Konsumsi Data.

Cara pertama untuk menghemat penggunaan data, tidak lain dengan melakukan pemantauan penggunaan data di setiap harinya.

Operator seluler terkini, rata-rata sudah menyediakan fitur pemantauan tersebut. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi seluler, kemudian aktifkan laporan konsumsi data.

Dengan demikian, kamu dapat mengatur strategi dan batas penggunaan internet melalui kartu data. Sebab, aplikasi tersebut akan selalu memberikan laporan terkait data konsumsi internet setiap harinya.

  1. Jangan Download File Besar dengan Data Seluler.

Tips selanjutnya yakni jauhi mengunduh file dengan ukuran yang besar. Bila hal ini terus dilakukan, secara tidak disadari data seluler yang dimiliki akan terkuras habis.

Untuk mengakalinya, cobalah pakai WiFi rumah ketika hendak mendownload file besar tersebut. Sehingga, pemakaian kartu data lebih irit.

  1. Atur Unduh Konten dengan WiFi.

Zaman sekarang, menikmati konten yang seru bisa dilakukan melalui status ponsel sedang offline. Rupanya, cara ini cukup ampuh agar menekan konsumsi boros pada pemakaian data.

Alih-alih mengunduhnya dengan data seluler saat bepergian, alangkah lebih baiknya mendownload konten tersebut dengan jaringan WiFi sebelum keluar rumah.

  1. Atur Kualitas Streaming.

Bila tidak sempat mengunduh konten menarik dengan WiFi rumah, trik selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur kualitas tontonan saat streaming pada level hemat.

Misal pada layanan aplikasi YouTube, kecerahan dan kualitas tampilan bisa diatur sesuka pengguna. Cobalah ubah tampilan kualitas video di level sedang atau rendah, sehingga data seluler tidak memakan banyak data.

  1. Atur Pembaruan Aplikasi Saat Terhubung dengan WiFi.

Pembaruan aplikasi yang berada terpasang di ponsel lumrahnya meminta untuk melakukan update tiap bulan. Kebanyak pengguna, lumrahnya, tidak menyadari bahwa pembaruan platform tersebut menggunakan pemakaian data seluler.

Hal inilah yang mengakibatkan data seluler cepat habis. Lebih baiknya, atur update aplikasi hanya jika tersambung dengan jaringan WiFi saja.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 cara agar pemakaian data seluler tidak cepat habis. Jangan lupa selalu terapkan tips di atas. (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar