Memori HP Penuh Gara-Gara WA? Begini 2 Cara Kelola Penyimpanan WhatsApp Agar Tak Overload

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Menggunakan WA keseringan bakalan membuat memori HP cepat penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan 2 cara kelola penyimpanan WhatsApp agar tak cepat penuh ini.

Dengan melakukan 2 cara kelola penyimpanan WhatsApp yang akan dibagikan ini, memori smartphone pun tidak akan cepat penuh. Sehingga, kamu tidak perlu lagi membeli SD Card untuk menampung file lain.

Bahkan, pembahasan 2 cara kelola penyimpanan WhatsApp ini sudah cukup ampuh untuk menyisakan ruang penyimpanan ponsel cukup luas. Dengan catatan, kamu harus benar-benar mengetahuinya.

Aplikasi WhatsApp memang memiliki sistem yang rapi untuk mengatur seluruh data yang diterima atau sudah dikirim. Sehingga, data tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya bila tidak hapus.

Bahkan, historis pengoperasian aplikasi berlatarbelakang hijau ini pun akan disimpan. Tepatnya, data ini sudah berupa dalam format cache.

Oleh karena itu, semakin sering pengguna bermain WhatsApp semakin banyak pula data yang akan tersimpan di dalamnya. Sehingga, memori ponsel harus dikorbankan untuk menampung data ini.

Bila memori semakin penuh, khususnya data yang tersimpan di dalam WhatsApp terlalu banyak, aplikasi pengirim pesan ini pun akan mengalami kendala ketika digunakan.

Sebagai salah satu contohnya, data yang terlalu banyak pada WhatsApp akan mengakibatkan aplikasi ini mengalami bug. Sehingga, ketika dimainkan akan mengalami error dan hang.

Agar bisa mengatasi masalah tersebut, berikut ini akan dipaparkan 2 cara kelola penyimpanan WhatsApp agar tidak cepat penuh. Simak penjelasannya sebagaimana berikut:

Kelola Storage WA di Android.

Cara pertama untuk melakukan pengelolaan aplikasi WhatsApp dikhususkan bagi pengguna Android. Bila kamu memakai HP bersistem tersebut, perhatikan langkahnya di bawah ini:

  1. Buka WhatsApp yang sudah terpasang di Android.
  2. Setelah menuju ke halaman pertama, klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah kanan layar untuk mengakses ke menu selanjutnya.
  3. Ketuk opsi 'Pengaturan' atau 'Setting' pada WhatsApp.
  4. Kemudian silahkan pilih opsi 'Penyimpanan Data'.
  5. Setelah itu carilah tulisan bertajuk 'Kelola Penyimpanan Data', jangan lupa untuk mengkliknya.
  6. WhatsApp pun akan menampilkan ruang memori yang telah terpakai.
  7. Pilih salah satu kontak yang kerap kamu kirimkan file, atau yang sering mengirimkanmu gambar, video, atau audio.
  8. Pilih 'Hapus' agar penyimpanan WhatsApp dan ponsel bersih dari data menumpuk.

Kelola Penyimpanan Data di Iphone.

Adapun cara mengelola penyimpanan WhatsApp agar tidak cepat memenuhi memori Iphone, rupanya memiliki cara yang berbeda. Simaklah serangkaian panduan berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang terinstal.
  2. Masuk ke 'Pengaturan'.
  3. Selanjutnya akses ke opsi 'Storage and Data'.
  4. Kemudian, silahkan klik pilihan 'Manage Storage'.
  5. WhatsApp pun akan menunjukkan jumlah ruang yang telah digunakan.
  6. Pilih salah satu kontak yang mengandung file dan dapat menyebabkan penumpukan data.
  7. Hapuslah file data pada kontak tersebut agar penyimpanan WhatsApp kembali bersih.

Demikianlah 2 cara kelola penyimpanan WhatsApp agar tidak cepat memenuhi ruang penyimpanan smartphone. Selamat mencoba! (Dzikrullah) *

Leave a comment