Polda Kalbar Siapkan 2.300 Personel Amankan Kongres HMI

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Polda Kalbar menyiagakan 2.300 personel untuk pengamanan Kongres HMI ke- XXXII dan Munas Kohati ke-XXV 2023 yang akan digelar di Kota Pontianak dan Kubu Raya pada 24-29 November 2023.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, 2.300 personel yang diturunkan ini terdiri TNI Polri dan 1 peleton Satpol PP.

Pipit mengatakan, berdasarkan perkiraan, perserta yang hadir dalam event tersebut berjumlah kurang lebih 5.700 orang yang datang dari berbagai provinsi.

"Direncakanan opening ceremony akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo serta beberapa tamu VIP, seperti Menteri dan tokoh nasional," terangnya.

Pipit menyebut, event tersebut akan mengundang konsentrasi massa dalam jumlah besar, yang dapat menimbulkan berbagai potensi kerawanan seperti kemacetan, over capacity partisipan yang sulit dikontrol, serta kericuhan antar-peserta kongres, dan unjuk rasa kelompok tertentu atas kehadiran pejabat negara.

Ia menyerukan agar seluruh personel siap-sedia kapanpun dibutuhkan dan bertindak sesuai SOP yang berlaku dalam melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan tersebut.

"Serta melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, dan profesional," pintanya.

Sementara itu, Pj Ketua KAHMI Kalbar, Wahyu Cundrik mengatakan, kegiatan kongres dan Munas Kohati akan digelar di Qubu Resort dan Hotel Kartika Pontianak.

"Agenda utamanya pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar HMI," kata Wahyu Cundrik, Selasa (21/11/2023).

Untuk pembukaan kegiatan itu dilaksanakan di Qubu Resort Kubu Raya. Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka langsung kegiatan ini. Sementara itu, untuk agenda Munas Kohati akan digelar di Hotel Kartika.

Cundrik memastikan saat ini persiapan kegiatan sudah mencapai 80 persen. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Namun, kendala utama yang dihadapi saat ini terletak di anggaran. Ia pun berharap dukungan pemerintah terkait untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan itu juga, selain pesertanya utusan cabang. Kegiatan itu juga dihadiri Romobongan Simpatisan yang tak punya hak suara. Mereka nantinya akan diinapkan di Asrama Haji.

"Kami juga mohon maaf jika nantinya kegiatan ini sedikit mengganggu kelancaran lalu lintas masyarakat," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment