Panduan Lengkap Membuat Drop Down List Multi Pilihan di Microsoft Excel dengan Mudah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pilihan tabel daftar banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karenanya, kamu perlu tahu panduan lengkap membuat Drop Down List multi pilihan di Microsoft Excel dengan mudah.

Penjelasan di dalam panduan lengkap membuat Drop Down List multi pilihan di Microsoft Excel ini juga mudah dilakukan oleh banyak pengguna. Jadi, meski kamu masih pemula juga bisa melakukannya dengan sendiri.

Karena dirasa penting untuk diketahui, kamu pun rasanya juga perlu memahami panduan lengkap membuat Drop Down List multi pilihan di Microsoft Excell ini. Tujuannya agar tidak lagi merasa kebingungan mendapat tugas tersebut.

Adapun Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk diandalkan untuk mengolah data. Sebab, di dalam platform kantoran itu terdapat banyak sekali fitur yang bisa dilakukan. Termasuk di dalamnya pembuatan Drop Down List.

Sedangkan pengertian Drop Down List sendiri tidak lain sebuah tabel dari daftar pilihan. Artinya, data yang sudah mendapat validasi dan bersifat paten akan dikelompokkan berdasarkan variabel.

Walaupun terlihat gampang untuk dilakukan, bila dikerjakan secara manual pastinya dapat menyita waktu. Sehingga, kamu akan terus memandangi layar dan memilah kumpulan data yang banyak.

Bila tidak ingin berada di posisi tersebut, tim Insidepontianak akan memberikan solusinya melalui aplikasi Microsoft Excel. Sebagai tambahan, pembuatan daftar pilihan ini mengambil data dari banyak variabel.

Sebagai salah satu contohnya, disini akan digunakan jenis variabel berjenis tiga macam buah. Yakni 'Mangga', 'Apel', dan 'Durian'.

Supaya dapat mengetahuinya dengan mudah, berikut ini penjelasan mengenai panduan lengkap membuat Drop Down List multi pilihan di Microsoft Excel:

Cara Buat Daftar Pilihan Banyak Variabel di Ms Excel.

Sebelum menuju ke langkah lebih lengkap, pastikan terlebih dahulu kamu mendapatkan kumpulan data yang hendak dibuatkan tabel Drop Down List.

Setelah itu, bukalah data jenis data tersebut di Ms Excel. Di bawah ini langkah-langkah lengkapnya.

  1. Bukalah data yang telah dikumpulkan di Ms Excel.
  2. Buatlah terlebih dahulu tabel yang hendak diisikan data. Di sini variabelnya adalah 'Mangga', 'Apel', dan 'Durian'.
  3. Tabel tersebut harus dibuat pada Sheet 1.
  4. Kemudian, bukalah Sheet2 untuk mengisi Drop Down List multi pilihan.
  5. Pada Sheet ke 2, jangan lupa untuk membuat tabel lanjutan.
  6. Kembali ke Sheet1 dan blok semua kolom.
  7. Klik 'Data' pada toolbar Excel.
  8. Setelah itu, cari opsi 'Data Validation' pada deretan menu atas.
  9. Apabila sudah mengkilknya, akan muncul pada layar pop-up Data Validation di Sheet2 agar dapat memasukkan data dari Drop Down List.
  10. Klik opsi 'Ok' untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  11. Buka kembali Sheet1.
  12. Klik bagian tabel yang ingin diisikan data sebagai daftar pilihan.
  13. Kamu pun sudah bisa mengisi Drop Down List dengan data yang telah diperoleh secara paten.

Demikianlah pembahasan mengenai panduan lengkap membuat Drop Down List Multi Pilihan di Excel. Selamat mencoba! (Dzikrullah)***

Leave a comment