Jangan Khawatir Chat Penting Hilang! Begini 2 Langkah Kembalikan Pesan WhatsApp yang Dihapus di Android

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Walaupun chat di dalam WA sudah hilang, kamu dapat mengaksesnya kembali dengan 2 langkah kembalikan pesan WhatsApp yang dihapus di smartphone Android.

Dengan bantuan pembahasan mengenai 2 langkah kembalikan pesan WhatsApp yang dihapus di Android ini, kamu masih memiliki kesempatan untuk membaca pesan penting yang sebelumnya tidak sempat terbaca.

Karena ulasan tentang 2 langkah kembalikan pesan WhatsApp di Android ini cukup penting untuk diketahui oleh kamu. Sehingga, tutorial tersebut bisa menjadi persiapan jaga-jaga apabila insiden chat hilang di WA terjadi.

Bagi pihak WhatsApp sendiri, mereka selalu memperbarui sistem yang diyakini untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Tidak luput juga bila mengenai permasalahan pengembalian pesan yang tidak sempat dibaca.

Sayangnya, pengembalian pesan WhatsApp yang dihapus ini masih tidak diketahui oleh banyak kalangan. Sehingga, mereka pun merassa panik ketika insiden tersebut sedang dialami oleh sebagian orang.

Sebenarnya, trik pengembalian pesan pada WA ini mengandalkan platform pihak ketiga. Tepatnya dengan bantuan penyimpanan awan, yang mana akun aplikasi ini sudah terhubung dengan akun WhatsApp.

Bagi pengguna Android, penyimpanan awan ini bisa dimiliki bilsa sudah mempunyai akun Google. Kemudian, pastikan kamu sudah mencadangkan pesan WhatsApp secara rutin di dalam Google Drive.

Sehingga, bila kamu menghapus pesan tertentu namun sudah dicadangkan di Google Drive, chat tersebut tidak serta merta hilang secara pernamen. Melainkan, penyimpanan ini masih memiliki datanya.

Dengan demikian, pesan tersebut masih bisa dihadirkan kembali di dalam WhatsApp dengan bantuan Google Drive.

Agar dapat mengetaui lebih lebgkap mengenai 2 langkah kembalikan pesan WhatsApp yang dihapus di Android, perhatikan uraian di bawah ini.

Cadangkan Pesan WhatsApp di Google Drive.

Sebelum dapat melakukan pengembalian pesan yang dihapus. Kamu harus benar-benar memastikan, bahwa chat tersebut di cadangkan terlebih dahulu di Google Drive.

Untuk melakukan pencadangan data WhatsApp ini, perhatikan langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik titik tiga, lokasinya berada di pojok kanan paling atas.
  3. Pilih menu 'Pengaturan'.
  4. Masuk ke menu 'Chat'.
  5. Klik 'Cadangkan Chat'.
  6. Pilih akun Google Drive, sebagai tempat penyimpanan chat.
  7. Klik 'Cadangkan' dan tunggu prosesnya selesai.

Perlu diketahui, pengguna juga akan diberikan ragam tempo pencadangan. Dari mulai setiap hari, hingga setiap bulan bisa menjadi opsi tepat agar pesan yang diterima tersimpan dengan aman.

Cara Kembalikan Chat Terhapus Android.

Sesudah mencadangkan pesan, kamu pun bisa mengembalikan chat WA yang terhapus dengan mudah. Berikut keterangannya:

  1. Hapus data WhatsApp, atau Uninstall aplikasi.
  2. Bila melakukan uninstall, unduh kembali WhatsApp.
  3. Buka aplikasi WhatsApp.
  4. Masukkan nomor sebelumnya untuk mengkonfirmasi.
  5. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pengguna akan ditawarkan opsi pencadangan.
  6. Klik 'Pulihkan' agar pesan yang terhapus bisa dikembalikan.
  7. Tunggu hingga selesai.

Demikianlah pembasan mengenai 2 langkah mengembalikan pesan WhatsApp yang dihapus di Android. Semoga berhasil! (Dziikrullah) ***

Leave a comment