Bukan Sembarang Kristal, Ini Cara Melihat Intan Asli atau Tidak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bisa dikatakan kalau intan memiliki beragam bentuk dan telah melenakan mata. Karena itu, ada potensi kalau batu kristal itu palsu alias tidak asli.

Nah, bagaimana untuk mencari intan yang asli? Di sinilah kejelian calon pembeli untuk melihat intan tidak sekadar sebagai batu kristal saja

Ya, tulisan ini akan menunjukkan cara melihat atau memilih intan asli yang jelas-jelas berbeda dengan batu kristal kebanyakan.

Melansir id.wikihow.com, Jumat (24/11/2023), intan memiliki beragam bentuk, tetapi bentuk yang paling umum adalah dodecahedron, yaitu semacam piramida yang saling bertumpukan satu sama lain.

Karena itu hal pertama yang Anda lakukan adalah dngan mempehatikan bagian atas batu kristal, lalu hitung sisi-sisinya. Intan berbentuk persegi, sementara batuan lainnya, seperti kuarsa, memiliki bentuk heksagonal.

Perhatikan ujung atas kristal, lalu hitung sisi-sisinya. Jika terdapat 4 sisi, ada kemungkinan kristal tersebut adalah intan. Jika ada 6 sisi, benda tersebut kemungkinan besar adalah kristal kuarsa.

Tes visual adalah cara cepat untuk mencari tahu jenis sebuah batu, tetapi hasilnya tidak mutlak.
Jika kristal yang diuji memiliki 4 sisi, pakailah metode tambahan untuk memverifikasi bahwa benda tersebut adalah intan.

Jika sudah melalui tes visual, coba gesekkan kristal ke sepotong korundum. Korundum adalah sebuah kristal yang sedikit lebih lunak daripada intan.

Belilah sepotong kristal korundum murah atau kit pengujian yang menggunakan kristal korundum. Tahan sepotong kristal korundum di atas meja, lalu gesekkan intan ke benda tersebut.

Apabila korundum tergores, benda yang digesekkan adalah intan asli, tetapi jika tidak maka benda tersebut bisa dipastikan bukalah intan.

Intan memiliki nilai 10 dalam skala Mohs Hardness, sementara korundum mendapat nilai 9. Hal inilah yang membuat kristal korundum tergores jika digesekkan ke intan.

Selain itu, gunakanlah alat penguji intan sebagai alternatif tes gores. Anda bisa membeli alat uji intan secara daring. Periksa alat yang dibeli untuk memastikan baterainya masih penuh dan lampu hijaunya menyala.

Setelah itu, tekan ujung alat tersebut ke intan. Apabila alat berbunyi dan menyala, batu yang diuji adalah intan asli. Namun, jika alat tidak bereaksi, batu tersebut bukan intan.

Alat penguji intan menggunakan konduktivitas panas dan listrik untuk menentukan keaslian batu mulia tersebut. Alat penguji intan yang murah mungkin tidak seakurat peralatan yang lebih mahal.

Ada juga cara lain, yakni yang dinamakan sebagai tes lanjutan untuk melihat intan asli. Berikut langkahnya.

  1. Tentukan apakah intan tersebut ditemukan di dekat pipa kimberlite
    Pipa kimberlit adalah batu vulkanik, atau batuan yang terbentuk dari lelehan magma. Batu ini biasanya ditemukan di bawah lapisan tanah.

Batu intan alami biasanya ada di tumpukan pipa kimberlit. Apabila kristal Anda berasal dari tempat tersebut, kemungkinan besar batu itu adalah intan.

Sebagai informasi, intan juga bisa ditemukan di air. Intan ditemukan di lapisan cratons tanah, yaitu bagian tertua dari lapisan kerak bumi.

Benda ini juga bisa terbawa dari cratons oleh aliran air sehingga ditemukan di sungai atau di sekitar hilir sungai dekat laut.

  1. Gunakanlah teleskop atau lup 10x untuk memeriksa batu lebih dekat
    Lup adalah kaca pembesar khusus yang digunakan ahli perhiasan. Letakkan intan di bawah lup atau mikroskop, lalu carilah bagian pinggiran yang bundar dengan segitiga kecil bertakuk.

Intan persegi, di lain sisi, memiliki pinggiran berbentuk jajar genjang atau persegi yang berputar. Intan asli tampak seperti memiliki lapisan vaselin di permukaannya. Intan yang sudah diasah memiliki pinggiran yang tajam.

  1. Bawalah intan ke seorang profesional untuk dievaluasi
    Jika Anda sudah melakukan serangkaian tes dan yakin bahwa batu yang dites adalah intan, bawalah ke seorang ahli perhiasan untuk ditaksir dan diverifikasi guna memastikan keasliannya.

Anda juga bisa meminta surat bukti keaslian dan nomor laporan yang spesifik melalui GIA atau organisasi penilai kualitas intan lainnya. Memeriksakan batu intan Anda ke seorang profesional adalah cara terbaik menentukan keasliannya.

Demikian soal cara memilih atau menentukan intan asli atau tidak. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment