Pemrov Kalbar, Dorong Program CSR Perusahaan Dalam Pembangunan Daerah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sekda Provinsi Kalbar, Alfian Salam menyampaikan pentingnya mengoptimalkan tata pengelolaan dan pelaksanaan CSR/TSBLP di tingkat daerah maupun nasional.

Salah satu potensi kolaborasi tersebut, dengan pelaksanaan tanggung jawab Sosial dan Bina Lingkungan Perusahaan (TSBLP), atau yang lebih dikenal dengan Corporate sosial Responsibility (CSR).

Dengan memastikan, bahwa manfaat dari program CSR benar dirasakan oleh masyarakat yang menjadi sasarannya.

Akan tetapi, menurutnya juga diharapkan untuk mencegah peluang praktik korupsi dalam pelaksanaan CSR yang dapat merusak integritas bisnis, iklim usaha dan tata kelola.

“Maka tata pengelolaanya harus dijalankan dengan prinsip-prinsip integritas, akutanbel dan transparan, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” ujar Alfian, Rabu (22/11/2023).

Ia menjelaskan, melalui program CSR perusahaan dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan publik, menjalin hubungan harmonis sehingga dapat mengurangi resiko sosial maupun lingkungan.

Sehingga program CSR yang sudah terjalin dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kalimantan Barat, dapat memberikan peningkatan daya saing dan kinerja dalam berbisnis.

Menurutnya, CSR berpotensi memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat, dan pembangunan daerah, melalui dukungan terhadap program pemerintah daerah.

“Seperti pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan, peningkatan kualitas hidup masyarakat, perlindugan lingkungan hidup, dan target-target pembangunan lainnya,” ujarnya. (Evi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment