Jelang Kongres, Massa HMI Ricuh di Asrama Haji Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Massa Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI terlibat kericuhan di Asrama Haji Pontianak, jelang Kongres ke-XXXIII di Qubu Resort yang akan dibuka Presiden Joko Widodo, Jumat (24/11/2023) malam ini.

Sebagaimana diketahui, Asrama Haji Pontianak menjadi salah satu tempat menginap rombongan simpatisan Kongres dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Mereka tiba di Asrama Haji pada Jumat siang menggunakan bus. Fasilitas penginapan dianggap tak memadai. Karena panitia hanya menyiapkan tenda besar dengan alas karpet.

Sementara, saat mahasiswa tiba, hujan tengah mengguyur. Alhasil, karpet rembes dan basah. Inilah yang memicu kericuhan. Mereka protes.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, mahasiswa tersebut merupakan rombongan di luar undangan dan minta fasilitas tempat menginap.

"Mereka menaiki kapal kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Pontianak,” kata Petit.

Untuk mengantisipasi kericuhan meluas, polisi sempat memblokade Jalan Sutuyo Pontianak dan melakukan pendekatan persuasif kepada perwakilan rombongan. Upaya itu berhasil menghentikan kericuhan.***

Leave a comment