Pemprov Kalbar Komitmen Buka Lapangan Pekerjaan yang Luas 

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalbar, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, berkomitmen menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Agar pengangguran di Kalbar dapat ditekan.

Salah satu yang dilakukan Pemprov Kalbar yaitu meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan pasar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Hemanus mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai program untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

"Kita ingin mengurangi angka pengangguran di Kalbar," kata Hermanus, Kamis (23/11/2023).

Angka pengangguran di Kalbar pada tahun 2022 berjumlah 5,11 persen. Namun, di tahun 2023 angka pengangguran dapat ditekan menjadi 5,05 persen.

"Artinya ada penurunan. Melalui program yang kita susun diharapkan mampu menekan angka pengangguran dan mengurahi kemiskinan," ujarnya.

Adapun program yang jadi fokus utama Disnakertrans Kalbar adalah program yang dibutuhkan langsung pencari kerja. Salah satunya pelatihan kerja untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

"Kita sudah siapkan pelatihan otomatif, mekanik, las hingga kejuruan untuk listrik," katanya.

Tak hanya itu, Disnakertrans Kalbar juga menggelar pelatihan bisnis manajemen, hingga operator komputer.

"Pelatihan ini bagaimana untuk menyiapkan masyarakat pencari kerja memiliki skill sehingga dapat menjawab kebutuhan pasar," ucapnya.

Menurut Hermanus, tugas pemerintah bersama-sama dunia usaha dan industri adalah memberi kesempatan kepada anak agar dapat bekerja dengan baik.

"Kita sinergikan apa yang menjadi kebutuhan pengusaha," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment