Negara Penghasil Cokelat Enak, Salah Satunya Indonesia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Cokelat adalah bahan makanan yang cukup dikenal di dunia. Nyaris setiap negara memiliki jurus jitu agar cokelat buatannya menjadi paling enak, termasuk Indonesia.

Kelebihan Indonesia adalah sebagai negara yang ditumbuhi pohon kakao alias cokelat. Menjadi enak karena cokelat di Indoneia dipadukan dengan buah kering dan rempah yang ada.

Sementara negara lain, selain Indonesia, yang dikenal dengan cokelat enak tak tak lebih sebagai penghasil atau pengolah cokelat saja meski namanya sudah mendunia.

Melansir ef.co.id, Selasa (28/11/2023), setidaknya ada empat negara di dunia yang dikenal dengan cokelat yang enak, salah satunya adalah Indonesia.

Tiga negara lain adalah negara yang berada di Eropa. Artinya, tanaman kakao tidak tumbuh di sana. Seperti diketahui, kakao lebih cocok dengan negara tropis.

Ya, kakao merupakan tanaman perkebunan yang memiliki nama ilmiah Theobroma cacao L. Kakao memiliki nama famili Sterculiaceae. Tanaman ini sejatinya berasal dari Amerika Selatan.

Kemudian tanaman ini menyerbar ke berbagai negara beriklim tropis berkat terjadinya penemuan kalau tumbuhan ini nikmat dijadikan minuman maupun bahan makananan.

Nah, berikut empat negara yang dikenal memiliki cokelat enak, bahkan bisa dikatakan terenak di dunia.

  1. Swiss

Negara yang terkenal dengan pegunungan dan udara dingin ini populer sebagai negara penghasil cokelat terenak. Andapasti sudah familiar dengan merek cokelat asal Swiss seperti Ovomaltine, Toblerone dan Lindt.

Ya, meskipun bukan penghasil kakao, tapi Swiss punya cara untuk mengolah cokelat yang lezat. Saking terkenalnya dengan cokelat, Swiss punya beberapa destinasi wisata yang berbau cokelat.

Beberapa destinasi yang wajib dikunjungi yaitu Swiss Chocolate Adventure, Lindt Home Of Chocolate, Maison Cailler, House of Läderach dan Maestrani's Chocolarium. Di tempat-tempat itu, pengunjung bisa belajar sejarah dan proses pembuatan cokelat.

  1. Belgia

Belgia merupakan surga cokelat berkualitas tinggi di dunia. Salah satu merek cokelat premium asal Belgia yang mendunia tidak lain adalah Godiva.

Tradisi pembuatan cokelat Belgia sudah ada sejak abad ke-17. Pada masa itu, cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Anda tahu tidak kalau olahan cokelat praline dan truffle ditemukan di Belgia? Nah, kalau berkunjung ke Kota Brussels, Anda akan menemukan banyak toko cokelat yang menawarkan pengalaman membuat kreasi cokelat praline.

Selain membuat cokelat praline, Anda juga bisa mengunjungi museum cokelat yang ada di Belgia seperti Choco-Story dan Museum Of Cocoa And Chocolate yang ada di Brussels.

  1. Italia

Italia? Mungkin Anda tidak sadar kalau Italia termasuk negara penghasil cokelat terenak. Merek seperti Ferrero, Kinder, dan Nutella itu berasal dari Italia.

Kalau berkunjung ke Italia, Anda akan menemukan cokelat unik yang dikenal sebagai gianduiotto atau gianduiotti. Cokelat unik ini bisa dibilang merupakan kreasi paling awal dari kombinasi hazelnut dan cokelat.

Selain mencicipi cokelat gianduiotto, Anda juga bisa menghadiri festival cokelat EuroChocolate di Kota Perugia.

  1. Indonesia

Kalau ketiga negara sebelumnya hanya memproduksi cokelat namun tidak membudidayakan tanaman kakao, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar.

Pada 2020, Indonesia berada di peringkat ke-3 produksi kakao dengan 659.776 ribu ton. Kekayaan alam Indonesia membuat variasi rasa cokelat yang diproduksi lebih beragam.

Artinya, di Indonesia, ada cokelat yang ditambah buah-buahan kering dan rempah-rempah lokal. Kelebihan ini bisa Anda lihat di produksi lokal maupun merek yang dikeluarkan kalangan usahawan Indonesia.

Demikian tentang empat negara yang diknela menghasilkan cokelat enak, bahkan ternak di dunia. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment