Pj Gubernur Kalbar Serahkan Penghargaan ke-31 Tenaga Kesehatan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mendorong keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan.

Penganugerahan Penghargaan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2023.

Penganugerahan bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pengabdian, prestasi kerja, dan inovasi serta peran aktif tenaga kesehatan.

Pj Gubernur Kalbar mengatakan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia telah merilis hasil Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2023.

Salah satu indikator dalam IPM adalah Bidang Kesehatan yang dilihat dari indeks Umur Harapan Hidup, dimana untuk capaian Kalimantan Barat Tahun 2023 adalah 71,32.

"Untuk mencapai semua itu, sudah tentu didukung dengan tenaga kesehatan yang cukup handal. Dan tenaga kesehatan memiliki peran strategis dalam peningkatan pembangunan tersebut. Hal ini diwujudkan dengan peningkatan kompetensi dan kualitas pelayanan kesehatan yang memadai," kata Pj. Gubernur Kalbar, Harisson saat memberikan sambutan pada acara Pemberian Penghargaan Kepada Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat bertempat di Hotel Harris Pontianak.

Dikatakannya, menjadi momen yang istimewa karena berkumpul untuk menyaksikan keberhasilan dan pencapaian luar biasa para tenaga Kesehatan Teladan dari semua profesi baik itu Dokter, Perawat, Bidan, Apoteker, Kesmas, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Nutrisionis, Sanitarian dan lain-lain yang bekerja di fasilitas pelayanan Kesehatan baik Puskesmas maupun Rumah Sakit.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya menyampaikan apresiasi kepada Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 sebanyak 31 orang, termasuk seluruh peserta yang mengikuti seleksi Nakesdan di tingkat Provinsi yang telah berdedikasi dalam melayani sektor kesehatan kepada masyarakat," ungkap Harisson.

Dihadapan seluruh peserta, orang nomor satu di Kalbar tersebut berharap kegiatan penganugerahan ini dapat menjadi salah satu motivasi terciptanya tenaga Kesehatan yang mempunyai sifat nasionalis, etis dan professional, memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, inovatif, terampil dan memegang teguh etika profesi untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan.

Bahwasannya pencapaian luar biasa para tenaga kesehatan teladan dari semua profesi baik itu dokter, perawat, bidan, apoteker, kesmas, ahli teknologi laboratorium medik, nutrisionis, sanitarian dan lain-lain yang bekerja di fasilitas pelayanan jesehatan baik Puskesmas maupun rumah sakit," timpal Harisson.

Pada acara penyerahan penghargaan tersebut, juga turut dihadiri perwakilan dari Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkes RI selaku Binwil Wilayah Kalimantan Barat, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se - Kalbar, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten/ Kota Se–Kalbar dan Direktur RSUD Se-Kalbar serta Para Tim Penguji Tenaga Kesehatan Teladan. ***

Leave a comment