Tips Memilih Karangan Bunga Papan atau Papan Bunga yang Berkualitas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ada satu jenis karangan bunga yang sangat familiar, yakni karangan bunga papan atau papan bunga. Lalu, bagaimana tips untuk memilih yang berkualitas?

Ya, papan bunga memang cenderung tampak sama. Padahal, jika Anda menguasai tips memilih yang benar, Anda akan mendapatkan karangan bunga yang berkualitas.

Jenis karangan bunga ini bukanlah hal asing ketika ada acara, Jadi, jangan sampai papan bunga yang Anda pesan tidak berkualitas, bisa malu bukan?

Melansir bathiflorist.com, Kamis (30/11/2023), sebelum memesan bunga papan, idealnya Anda perlu mengenal bentuk dan ukuran rata-rata yang ditawarkan oleh pihak florist.

Untuk karangan bunga, misalnya saja bunga papan wedding, biasanya bentuknya persegi empat. Adapun ukurannya sendiri ada beberapa pilihan, mulai dari ukuran 2 x 1,25 M, 2 x 1.5 M, 2 x 1.8 M dan juga ada 2 x 2 M.

Selain itu ada juga papan yang ukurannya lebih besar, biasanya ukuran seperti ini adalah ukuran spesial, yang diminta khusus oleh pihak pembeli.

Untuk bahan, terutama untuk pembuatan papan, biasanya menggunakan styrofoam. Bahan styrofoam ini nantinya akan ditutup oleh bahan spons yang berwarna-warni, ini yang membuat penampilan papan jadi terlihat lebih indah.

Pembuatan kaki-kaki, biasanya lebih menggunakan bahan bambu yang dibentuk sedemikian rupa. Sedangkan untuk bunga, biasanya akan menggunakan koleksi bunga dan daun tertentu.

Sebut saja seperti bunga aster, bunga gerbera, bunga krisan, Bunga anggrek, dan beberapa koleksi bunga lainnya. Sedangkan untuk daun, biasanya menggunakan daun andong.

Yang jelas, papan bunga dipesan pembeli untuk memberikan ucapan. Melihat fungsinya, maka ada beberapa jenis papan bunga, antara lain:

  1. Duka cita
    Seperti namanya, maka bunga papan yang satu ini ditujukan sebagai ungkapan duka cita. Bunga yang digunakan, cenderung tidak cerah, Demikian juga dengan dekorasi lainnya. Warna yang umumnya digunakan adalah warna hitam dan putih.
  2. Happy wedding
    Adalah bunga papan sebagai ungkapan selamat atas pernikahan. Biasanya menggunakan papan, bunga dan dekorasi lainnya dengan warna-warna yang cerah.
  3. Ucapan selamat
    Papan bunga yang satu ini, digunakan sebagai ungkapan selamat, baik itu selamat atau kantor baru, berdirinya perusahaan baru, baru lulus sekolah, atau ungkapan selamat lainnya.

Koleksi bunga dan warna papan yang digunakan juga terbiang cerah, namun tidak semeriah papan bunga pernikahan.

  1. Ulang tahun
    Papan bunga yang satu ini dibuat secara khusus, sebagai ungkapan selamat ulang tahun. Untuk dekorasi dan bunga yang digunakan, cenderung cerah, namun umumnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Lalu, bagaimana cara memesan papan bunga yang berkualitas? Berikut tipsnya:

  1. Cek ukuran
    Hal pertama yang perlu diperhatikan pertama kali adalah mengecek ukuran bunga papan yang akan digunakan. Seperti diketahui bersama, ukuran bunga papan yang ada sekarang ini terbilang beragam.

Mulai dari yang ukuran kecil, sekitar 2 x 1.5 m, ada juga yang ukuran standar, sekitar 2.5 x 1.5 m, hingga yang ukuran besar sekitar 1.5 x 3 meter.

Masing-masing ukuran mempunyai biaya yang berbeda. Dalam hal ini Anda dapat menyesuaikannya dengan keuangan atau budget yang telah dipersiapkan sebelumnya.

  1. Jenis bunga
    Selain memilih ukuran bunga, berikutnya adalah memilih jenis bunga yang akan digunakan. Seperti diketahui bersama, ragam jenis bunga yang umum digunakan.

Nah, masing-masing jenis bunga mempunyai karakter dan makna yang berbeda, selain koleksi warna yang ditawarkan berbeda.

Anda sebaiknya memilih salah satu koleksi atau memilih aneka koleksi yang dianggap tepat, sesuai dengan tema ucapan yang akan diberikan.

  1. Kondisi bunga
    Tentunya kurang etis, ketika Anda memberikan bunga papan wedding, dengan kondisi bunga yang sudah mulai layu. Sedikit banyak hal ini akan memberikan kesan kurang baik, pada Anda sebagai pengirim.

Jadi dalam hal ini, sebaiknya Anda cek kondisi bunga yang akan dikirim. Pastikan bunga dalam kondisi segar, dan juga termasuk bunga yang awet, atau tetap mekar dalam beberapa hari.

  1. Pilih desain
    Selain itu, dalam membuat bunga papan, sebaiknya pilih desain yang tepat. Umumnya pihak florist, mempunyai beberapa alternatif desain untuk bunga papan.

Kali ini pilih dan sesuaikan dengan budget dan desain yang tepat. Jadi, jangan sampai salah pilih, perhatikan momen acara agar desainnya tidak nabrak.

Demikian soal salah satu jenis karangan bunga, yakni papan bunga. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment