Ini Cara Mencuci Topi agar Tidak Bau: Awas, Jangan Salah Kaprah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sering kali muncul masalah ketika topi memiliki bau yang tak sebab. Maka, cara terbaiknya adalah mencuci agar aroma tak sedap itu bisa hilang.

Pertanyannya, bagaimana cara mencuci topi agar bau bisa hilang. Apakah sama dengan mencuci barang lain atau butuh perlakuan khusus?

Yang jelas, bau pada topi akibat keringat yang mengumpul di kepala. Dan, cara mencuci pelindung kepala itupun sedikit berbeda dengan barang lain.

Melansir sakulaundry.com, Jumat (1/12/2023) sejatinya ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam merawat dan mencuci topi agar topi yang dicuci atau dibersihkan tidak mudah rusak.

Ini karena setiap topi memiliki jenis bahan yang berbeda dengan kain pakaian pada umumnya. Cara di bawah ini akan sangat aman untuk jenis topi dengan bahan kain dan tidak dianjurkan untuk topi berbahan rotan.

Berikut caranya:

  1. Pakai air dingin
    Mencuci topi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah Anda. Mencuci topi dapat dilakukan dengan menggunakan air dingin atau air keran biasa.

Hindari menggunakan air panas. Air panas memang dinilai ampuh untuk membunuh kuman yang menempel pada serat kain. Namun, hal ini tidak berlaku untuk mencuci topi. Sebaiknya gunakan air dingin untuk mencuci topi.

  1. Awas luntur
    Sebelum mencuci topi yang telah digunakan, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa topi yang akan dicuci tidak luntur dan aman jika dicuci.

Caranya masukan topi ke dalam rendaman air, lalu diamkan hingga beberapa saat kurang lebih 10 hingga 15 menit, dan lihat apakah warna air berubah atau tidak.

  1. Deterjen yang lembut
    Setelah memastikan bahwa topi tidak luntur, langkah selanjutnya dalam mencuci topi adalah dengan memilih jenis deterjen yang tepat untuk digunakan. Ada beragam jenis dan merek deterjen yang dijual baik itu cair maupun bubuk.

Kedua sama-sama memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda tergantung pemakaian yang akan digunakan. Namun, untuk mencuci topi sebaiknya gunakanlah deterjen cair yang memiliki kandungan yang lebih lembut.

  1. Pelembut pakaian
    Jangan lupa untuk membilas topi dengan air bersih hingga busa-busa dan deterjen yang masih menempel. Anda juga dapat menambahkan pewangi dan pelembut pakaian agar topi menjadi lebih harum dan bau keringat pun hilang.
  2. Proses mengeringkan
    Cara yang tepat untuk menjemur topi adalah dengan menghindari sinar matahari langsung, sehingga Anda dapat mengangin-anginkannya saja untuk menghindari kemungkinan memudarnya warna topi.
  3. Tidak lembab
    Setelah kering letakan topi di tempat yang tidak lembab untuk menghalau tumbuhnya jamur. Tempat yang lembab juga akan membuat topi yang diletakan menjadi bau.

Demikian soal mencuci dan merawat topi agar terhindar dari bau atau aroma tak sedap. Semoga bermanfaat. (Adelina).***

Leave a comment