Bukan Sekadar Pelindung Tubuh, Ini Delapan Jenis dan Model Jaket yang Beredar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Lihatlah begitu banyak orang yang memakai jaket, baik pria atau wanita, dengan segala macam jenis dan model. Dan, biasanya mereka terlihat keren.

Ya, secara fungsi jaket memang untuk melindungi diri dari dingin atau panas. Di sisi lain, jaket kemudian menjadi fashion dengan jenis dan model yang beragam.

Baik jenis dan model jaket pun terus berkembang dari zaman ke zaman. Menariknya, meski terlihat trendi, jaket tidak pernah melepaskan fungsi utamanya.

Melansir terminalkaos.com, Sabtu (2/12/2023), asal kata jaket berasal dari kata dalam bahasa Perancis yaitu “jaquette.” Kata ini merujuk pada tunik yang kecil atau ringan.

Jaket memiliki arti dan peran penting dalam kehidupan manusia. Arti utama dari jaket bagi manusia adalah pelindung dari cuaca luar sehingga kondisi tubuh tetap stabil.

Pada mulanya fungsi jaket hanya sebagai pelindung dari cuaca dingin. Namun, karena tren fashion yang terus berkembang, sekarang ini muncul berbagai macam jenis jaket dengan keunikannya masing-masing.

Nah, berikut ini jenis dan model jaket yang umum digunakan di masyarakat:

  1. Jaket Kulit
    Jaket kulit umumnya terbuat dari kulit sapi dan domba. Selain terbuat dari bahan kulit binatang, jaket kulit juga bisa menggunakan kulit buatan (sintetis).

Pelindung dari cuaca dingin dan angin ini memiliki ciri tampak depan adalah bukaan jacket berupa risleting, kancing, atau sabuk dari leher hingga bawah.

  1. Jaket Bomber
    Jaket ini awalnya dipakai oleh para pilot dan menjadi trend fashion anak muda pada 1970-an. Pada 1990-an, jaket ini kembali menjadi trend dan dipakai oleh para penyanyi dan musisi hip hop.

Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk tubuh berisi, dilengkapi dengan risleting dan kantung di kedua sisinya.

  1. Jaket Windbreaker
    Jaket ini memiliki ciri khas karet di pergelangan tangan, hoodie, dan kerah sehingga cocok digunakan pria yang sering menghabiskan waktu di daerah berhawa dingin atau pada saat mengendarai motor.

Jaket ini didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

  1. Jaket Varsity
    Awalnya jacket ini bernama Letterman Jacket dan hanya digunakan oleh para mahasiswa Universitas Harvard. Seiring dengan berjalannya waktu, jaket ini menyebar hingga dipakai oleh siapa saja.

Bahan jaket varsity ini kebanyakan berbahan fleece yang lembut dan halus di lengkapi dengan kerah dan kancing serta variasi warna. Bagian lengan dan tubuh yang juga dipasangi logo atau tulisan tertentu.

  1. Jaket Denim
    Jaket denim umumnya menggunakan bahan yang serupa celana jeans. Jaket denim sepintas terlihat seperti kemeja, tapi dengan potongan bagian pinggang yang pendek dan lurus.

Jaket denim menjelma dari pakaian kerja para buruh Amerika Serikat pada akhir 1800-an menjadi salah satu penemuan mutakhir dalam dunia fashion yang tidak lekang dimakan zaman.

  1. Jaket Parka
    Jaket ini memiliki potongan yang nyaman dan hoodie atau tudung berbulu dan menjadi populer di kalangan militer Amerika Serikat pada 1950-an sebelum variasi ekor ikan selama Perang Korea.

Sedangkan di Britania sekitar tahun 60-an parka menjadi fashion utama dan diolah lagi oleh merek-merek mewah dengan siluet baru.

Ciri khasnya adalah jaket yang tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, dan kadang-kadang drawstrings di pinggang dan manset. Kini, parka dipakai untuk kesempatan kasual.

  1. Jaket Harrington
    Harrington merupakan jaket ringan sepinggang yang dibuat dari bahan katun, polyester, dan wool biasanya menggunakan pola tartan pada bagian dalam jaket.

Tartan merupakan pola kotak-kotak berurut dari garis vertikal dan horizontal dalam berbagai warna.

  1. Jaket Parasut
    Jaket parasut biasanya terbuat dari bahan dasar taslan, polyester, despo, adidas dan diadora. Kelebihannya water resistant, tidak cepat kusut, lebih hangat, dan lebih mudah dibersihkan.

Meskipun jaket ini antiair, jaket ini juga bisa dipakai untuk sehari-hari, karena modelnya yang modis tidak seperti halnya jas hujan.

Demikian soal jenis dan model jaket yang mungkin biasa Anda kenakan atau biasa Anda lihat. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment