Apa Itu Google Takeout? Berikut Pengertian dan Cara Menggunakannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Google Takeout merupakan platform yang dikembangkan oleh perusahaan Google, yang mana kegunaannya untuk merestore atau mengunduh data yang tersimpan di dalamnya.

Di jaman yang marak penggemboran gerakan digitalisasi ini, kehadiran Google Takeout dirasa penting oleh pengguna Internet. Dengan platform tersebut, kamu tidak perlu lagi repot-repot mentransfer data hanya karena ingin memperbarui perangkat.

Dengan kata lain, Google Takeout sudah menyediakan layanan pemindahan data berbasis digital. Sehingga, proses transfer data tersebut dapat dilakukan dengan singkat dan tidak perlu lagi membutuhkan perangkat hardware yang berlebihan.

Meski sudah terlihat jelas melalui definisi singkat di atas, banyak pengguna yang masih menyalah artikan Google Takeout dengan Google Drive. Pasalnya, kedua platform tersebut sama-sama memiliki kemampuan transfer data.

Faktanya, Google Drive hanyalah salah satu produk pramban dari sekian banyak platform yang dibuat oleh Google. Sedangkan Google Takeout sendiri dapat juga mendukung Google Drive di dalamnya.

Melalui pembahasan singkat tersebut, jenis produk yang akan dibahas kali ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Kamu dapat merestore ragam jenis data, baik berupa file atau kumpulan Gmail penting dari perusahaan.

Sebelum mengetahui cara menggunakannya, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui tentang definisi Google Takeout secara mendalam. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Mengenal Google Takeout.

Sebagaimana disinggung di atas, Google Takeout sebenarnya platform yang dapat mengunduh ragam data yang telah disimpan di dalamnya dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Sebagai salah satu contoh, layanan Google Foto atau penyimpanan awan Drive juga dapat dilakukan di dalam aplikasi ini. Bahkan, ketika hendak mendownloadnya kamu dapat memilih jenis file seperti ZIP, TAR, atau XML.

Selain masalah jenis atau format data yang dapat diunduh, Google Takeout juga menyediakan jenis layanan ukuran data yang ingin diunduh. Jadi, kamu dapat mengkompresnya sesuai keinginan agar tidak cepat memenuhi ruang penyimpanan.

Selain kemampuan menyimpan data, berbagai layanan seperti Google Play Store dapat juga dinavigasikan melaluinya. Berkat kemampuan ini, bisa dikatakan Google Takeout dapat menyediakan layanan yang beragam dan memudahkan.

Penasaran untuk mengoperasikannya? Silahkan ikuti tutorial yang akan dibagikan di bawah ini dengan benar:

Cara Simpan dan Unduh Data di Google Takeout.

Setelah mengetahui tentang definisi dari Google Takeout, kamu sudah siap untuk menikmati layanan platform tersebut. Berikut ini cara menggunakannya:

  1. Pastikan akun Google yang dimiliki tersambung dengan Google Takeout agar dapat dinavigasikan.
  2. Masuk ke laman Google Takeout dengan cara mengetik 'takeout.google.com' di kolom pencarian.
  3. Pada halaman pertama masuk, silahkan pilih opsi 'Batalkan Pilihan Semua'. Bila tidak, secara otomatis Google akan mencadangkan seluruh data yang ada di perangkat.
  4. Geser ke bawah, pada kolom kotak silahkan centang salah satu folder. Di sini, tim Insidepontianak memberikan contoh penyimpanan foto yang berada di galeri smartphone.
  5. Gulir kembali layar ke bawah, setelah memilih salah satu album untuk layanan Google Foto. Setelah itu, silahkan klik 'Next Step'.
  6. Kamu juga dapat memilih jenis dan frekuensi dari sebuah data.
  7. Pada tahap tersebut, kamu juga dapat memilih ukuran file.
  8. Sebagai contoh, silahkan ketuk opsi 'Unduh File' yang terletak di bagian bawah 'Metode Pengunduhan'.
  9. Sedangkan pada kolom 'Frekuensi', pilih jenis waktu yang dapat diatur untuk mengekspor. Kamu dapat memilih antara 'Sekali Eksplore' atau 'Dua bulan sekali dalam setahun'.
  10. Pada bagian 'Jenis dan ukuran file', kamu juga dapat memilih jenis ukuran
  11. Setelah itu, silahkan klik 'Ekspor'.
  12. Tunggulah beberapa saat, hingga semua prosesnya selesai.
  13. Google Takeout akan mengirimkan tautan ekspor data tersebut ke email yang telah tersambung pada langkah pertama.
  14. Untuk mengunduh arsip, silahkan buka link yang telah dikirimkan melalui Gmail.
  15. Langkah terakhir, kamu hanya perlu mengklik 'Unduh Arsip'.
  16. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Google Takeout dan cara menggunakannya. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment