Festival Film Bulanan Sukes Gelar “Road To Awarding Night” di Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com- Festival Film Bulanan (Fesbul) sukes menggelar “Road to Awarding Night” 2023, di XXI Transmart, Kubu Raya, Rabu (29/11/2023).

Road to awarding night merupakan rangkaian acara malam anugerah dan juga sebagai komitmen Festival Film Bulanan (Fesbul) dalam membuka akses, jaringan serta distribusi bagi karya-karya anak bangsa baik di tingkat nasional maupun internasional.

Road to awarding night merupakan Pemutaran 20 film terpilih Fesbul 2023, yang merupakan nomine pada malam anugerah, yang digelar di sepuluh bioskop tanah air di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan dari tanggal 24 hingga 30 November 2023.

Selain di Pontianak, pemutaran film juga diadakan di daerah lainnya seperti Lombok, Yogyakarta, Jambi, Makasar, Padang, Jayapura, Ambon, Jakarta dan Bandung.

Pemutaran lokus 7 di Pontianak, menayangkan dua film terpilih yakni Titip Sandal dan Panen. Yang merupakan karya para sineas, yang mendapatkan penilaian terbaik, sehingga masuk menjadi nominator pada malam anugerah.

Pemutaran film pertama yaitu Film Panen, merupakan hasil karya Berau yang disutradarai oleh Garry Cantona, dengan produser Dimas D.N. Film Panen diproduksi pada tahun 2022 oleh Miopi Pictures.

Kedua Film Titip Sendal, yang merupakan hasil karya Pontianak, disutradarai oleh Righi Alvin Sani, dengan produser Indra Prawiranegara. Film Titip Sandal diproduksi tahun 2022 oleh Historia Kreator.

Festival Film Bulanan (Fesbul) ini, di dukung sepenuhnya oleh kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf).

Fesbul Mengajak seluruh sineas di daerah, agar menjadikan film pendek sebagai gerakan dalam meningkatkan ekonomi kreatif lokal, melalui pemutaran film pendek di bioskop nasional.

Selain pemutaran film, terdapat juga diskusi dengan sutradara para Filmmaker serta penonton, dan pemberian hadiah kepada penanya.

Sutradara film dan penulis, Righi Alvin Sani mengatakan, dalam menentukan tokoh atau peran utama dari film Titip Sandal, memilih kriteria pemain yang aktif di lingkungan sosial maupun masyarakat.

“Kriteria yang saya cari seorang ibu yang ekspresif, dan percaya diri di depan kamera dan mau bereksplorasi di dalam perannya,” ungkap Alvin.

Alvin pun berharap, Festival Film Bulanan ini dapat dinikmati oleh semua kalangan baik remaja maupun masyarakat.

Hal senadapun disampaikan oleh, Filmmaker Kalimnatan Barat, Haris Supriadi yang juga mengapresiasi, semangat anak muda dan masyarakat umum, yang begitu antusias hadir ikut bersama-sama menyaksikan film hasil karya daerah.

“Penonton yang sangat luar biasa, dan saya ucapkan terima kasih juga telah memfasilitasi film pemenang Fesbul, sehingga dapat diputar dan dinikmati di XXI teater transmart Kubu Raya,” tuturnya. (EVI). ***

Leave a comment