Terlalu Banyak Akun Google yang Tidak Digunakan? Begini 2 Cara Hapus Google Account Permanen

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Uraian di dalam 2 cara hapus Google Account permanen yang akan dibagikan ini, sangat tepat bagi pengguna yang hendak mengurangi koleksi akun Google yang sedang dimiliki.

Dengan melakukan 2 cara hapus Google Account permanen ini, kamu pun dapat menghemat daftar akun yang dimiliki. Sehingga, kamu tidak perlu kebingungan akun mana yang benar-benar digunakan secara tepat.

Selain itu, melakukan 2 cara hapus Account Google permanen ini juga mudah dilakukan. Bahkan, bagi kamu yang belum familiar dengan penggunaan teknologi juga dapat melakukannya dengan mudah di smartphone atau komputer.

Memiliki banyak Akun Google justru mengakibatkan kebingungan bagi pemiliknya. Tidak heran, mereka pun akan merasa kebingungan ketika sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan aplikasi ini.

Selain itu, kebanyakan akun Google yang nganggur dan tidak pernah dipakai sama sekali juga dapat menjadi peluang terjadinya peretasan pada sebuah perangkat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya aktivitas pada akun tersebut.

Oleh karenanya, bagi kamu yang memiliki akun Google banyak sebaiknya untuk menguranginya. Pilihlah beberapa akun yang memang dibutuhkan, selebihnya hapuslah mereka dari perangkat secara permanen.

Dengan kata lain, bila sebuah akun Google yang tidak pernah dipakai ini dihapus secara permanen, peretas yang sudah menargetkan mencuri datamu akan merasa kesulitan untuk mendapatkannya.

Sebab, mereka sudah tidak bisa menemukan jalur untuk mengakses data privasi pada sebuah perangkat teknologi. Kamu pun juga terselamatkan dari percobaan tindakan peretasan tersebut.

Supaya dapat mengetahui mengenai 2 cara hapus Google Account permanen, simaklah uraian berikut ini dengan seksama. Juga, ikuti langkahnya dengan benar!

Hapus Google Account di PC.

Tik penghapusan Google Account pertama yang bisa kamu lakukan, bisa melalui pada perangkat PC. Langkah ini cukup mudah dilakukan, berikut ini penjabaran lengkapnya:

  1. Buka Akun Google yang hendak dihapus secara permanen.
  2. Silahkan akses ke layanan 'Manage Your Google Account'.
  3. Klik pilihan 'Data and Privacy'.
  4. Gulir kursor ke bawah, hingga kamu menemukan fitur 'Delete Your Google Account'.
  5. Tahap selanjutnya kamu akan dimintai untuk melakukan otentikasi kata sandi dari akun Google tersebut.
  6. Klik centang di bagian paling bawah halaman.
  7. Selanjutnya, silahkan ketuk tombol 'Hapus Akun'.

Hapus Google Account di Smartphone.

Berbeda dengan cara yang pertama, penghapusan Google Account pada smartphone memiliki langkah yang berbeda. Meski demikian, kamu bahkan bisa melakukannya dengan cara yang lebih mudah.

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Silahkan klik ikon profil.
  3. Pilih salah satu akun Google yang hendak dihapus.
  4. Masuk ke layanan 'Manage your Google Account'.
  5. Klik 'Data and Privacy'.
  6. Ketuk opsi 'Hapus Akun'.

Sebagai informasi tambahan, setelah melakukan kedua caradi atas akun Google pun akan terhapus secara permanen bila sudah melewati waktu 20 hari.

Sedangkan, bila kamu membukanya kembali kurang dari 20 hari secara otomatis akun Google tersebut akan aktif kembali. Sehingga, kamu perlu mengulangi 2 cara di atas untuk menghapusnya lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 cara hapus Google Account permanen. Selamat mencoba! (Dzikrullah) *
[09.04, 13/12/2023] Dzikrullah CC: Dengan melakukan 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive, kamu dapat mendapatkan dokumen penting namun sempat raib. (Ilustrasi: Elle Cartier/Unsplash)
[09.04, 13/12/2023] Dzikrullah CC: 3 Trik Kembalikan File yang Hilang di Google Drive: Ada Cara Menemukan Dokumen Tersembunyi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Melalui penjabaran 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive, kamu dapat menemukan berbagai dokumen yang sebelumnya pernah disimpan di penyimpanan awan..

Leave a comment