3 Trik Kembalikan File yang Hilang di Google Drive: Ada Cara Menemukan Dokumen Tersembunyi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Melalui penjabaran 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive, kamu dapat menemukan berbagai dokumen yang sebelumnya pernah disimpan di penyimpanan awan..

Kumpulan 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive ini biasanya terjadi karena beberapa faktor. Dari problem yang diakibatkan oleh aplikasi sendiri, atau juga datang karena keteledoran pengguna.

Selain menjabarkan beberapa faktor dokumen hilang, 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive ini juga mudah dilakukan oleh pengguna. Sehingga, kamu tidak perlu panik lagi bila menghadapi permasalahan tersebut.

Google Drive sendiri merupakan penyimpanan data atau dokumen yang berbentuk awan. Karena cukup fleksibel dalam penggunaannya, banyak dari kalangan pengguna elektronik bergantung pada aplikasi ini.

Meski menjadi pilihan alternatif untuk penyimpanan data, rupanya Google Drive kadang-kadang memiliki masalah. Sebagai contoh, file yang sudah tersimpan di dalamnya tiba-tiba hilang begitu saja.

Atau, bila aplikasi sudah bekerja dengan normal penyebab hilangnya file di aplikasi peramban Google ini bisa saja diakibatkan oleh pengguna. Sehingga, mereka akan merasa kesulitan ketika hendak menemukannya kembali.

Raibnya dokumen penting dari aplikasi tersebut sebenarnya memiliki solusinya secara langsung. Lebih tepatnya, pihak Google telah menyediakan jalan keluar agar penggunanya tidak terlalu merasa gundah.

Agar dapat mengetahui 3 trik kembalikan file yang hilang di Google Drive ini, simaklah uraian yang akan di bagikan di bawah ini. Penjelasannya bisa diikuti secara berurutan.

  1. Cek Aktivitas Panel.

Ketika sebuah file hilang dari Google Drive, alangkah lebih baiknya tidak overthinking terlebih dahulu. Bisa jadi, kamu yang memiliki akses ke aplikasi ini menyimpan di sebuah folder tertentu secara tidak sengaja.

Dengan demikian, pastinya file tersebut akn sulit ditemukan. Supaya dapat melacaknya, kamu dapat menemukannya kembali melalui fitur 'Cek Aktivitas Panel'. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Drive.
  • Klik ikon 'i' yang terletak di sisi atas kanan layar, fitur ini untuk menampilkan informasi selanjutnya.
  • Masuk ke menu 'Activity'.
  • Perangkat akan memunculkan tab khusus yang memberikan keterangan terkait seluruh aktivitas yang pernah dilakukan di Google Drive.
  • Melalui pemaparan history ini, kam pun dapat mengetahui dimana file yang tersimpan secara tidak sengaja itu berada.
  1. Kembalikan File di Trash.

Selain karena menyimpan di sebuah folder tertentu tidak sengaja, hilangnya sebuah file juga bisa saja diakibatkan karena memencet tombol hapus tidak sengaja.

Seluruh dokumen yang telah dihapus sebenarnya tidak akan hilang secara permanen. Melainkan, data tersebut akan tersimpan di fitur 'Trash/Sampah'. Kamu pun bisa mengembalikannya dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Drive.
  • Klik ikon garis tiga yang terletak di sisi kiri layar.
  • Silahkan klik ikon sampah alias 'Trash'.
  • Seluruh file yang pernah dihapus akan dipaparkan dengan lengkap.
  • Klik salah satu file yang ingin dikembalikan.
  • Kemudian masuk ke ikon titik tiga yang berada di pojok kanan.
  • Ketuk pilihan 'Restore'.
  1. Hubungi Bantuan Google Drive.

Penyebab lain yang dapat mengakibatkan sebuah file hilang dikarenakan terjadi masalah pada aplikasi. Untuk masalah yang terakhir ini, kamu dapat menghubungi pusat bantuan Google Drive seperti cara di bawah in:

  • Pada tampilan awal Google Drive, klik ikon garis tiga.
  • Pilih menu 'Pusat Bantuan'.
  • Tuliskan keluhan yang sedang dialami olehmu secara lengkap.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 trik atasi file yang hilang di Google Drive. Semoga berhasil! (Dzikrullah) *
[09.05, 13/12/2023] Dzikrullah CC: Ilustrasi melakukan 2 trik khusus sambungkan HP ke WiFi tanpa perlu mengetikkan password. (Foto: Brett Jordan/Unsplash).
[09.06, 13/12/2023] Dzikrullah CC: 2 Trik Khsusus Sambungkan HP ke WiFi Tanpa Ketik Password

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk memudahkan koneksi WiFi, kamu dpaat melakukan 2 trik khusus sambungkan HPke WiFi tanpa perlu mengetikkan password secara manual di layar.

Leave a comment