Resep Nasi Kuah Jamur, Menu MPASI Istimewa dengan Jamur Shiitake dan Wakame

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINJAI, insidepontianak.com – Menciptakan hidangan MPASI yang lezat dan bernutrisi bagi si kecil seperti Nasi Kuah Jamur memang menjadi tantangan tersendiri.

Kombinasi antara jamur shiitake dan wakame dalam resep Nasi Kuah Jamur ini tidak hanya menyajikan rasa yang lezat, tetapi juga memberikan nutrisi yang penting bagi perkembangan si kecil.

Resep Nasi Kuah Jamur memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus, terutama untuk anak-anak pada tahap MPASI

Jamur shiitake adalah sumber nutrisi yang baik. Mereka mengandung vitamin B, mineral seperti selenium, zat besi, serta antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh si kecil.

Kombinasi dengan wakame juga menambahkan nutrisi dari laut seperti mineral dan serat.

Penggunaan jamur shiitake dalam resep ini memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

Kombinasi rasanya yang gurih, serta aroma yang menggoda, bisa menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk menikmatinya.

Dengan tambahan wakame, Nasi Kuah Jamur mendapat tambahan tekstur yang kaya.

Hal ini bisa membantu memperkenalkan variasi tekstur makanan kepada si kecil, membantu dalam pengembangan rasa dan kebiasaan makan yang baik.

Resep ini juga fleksibel dalam hal bahan. Anda bisa menambahkan sayuran lain sesuai selera atau bahkan mengganti nasi putih dengan jenis nasi lain untuk variasi tambahan.

Memperkenalkan jamur shiitake dan wakame pada tahap MPASI dapat membantu anak mengenali rasa-rasa baru, memperluas preferensi rasa dan membantu dalam pembentukan kebiasaan makan sehat sejak dini.

Nasi Kuah Jamur juga merupakan pilihan yang baik untuk makanan keluarga secara umum.

Dengan cita rasa yang kaya dan nutrisi yang baik, ini bisa menjadi hidangan yang disukai oleh semua anggota keluarga, sehingga memudahkan untuk menyajikan hidangan yang sama untuk semua.

Kombinasi bahan-bahan dalam resep ini menjadikannya pilihan sehat untuk MPASI.

Tanpa tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan, memberikan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Melalui Nasi Kuah Jamur, anak-anak bisa mendapatkan manfaat gizi dari jamur dan wakame, sambil merasakan cita rasa yang menarik.

Ini adalah cara yang baik untuk memperkenalkan variasi makanan sehat kepada anak-anak pada tahap perkembangan mereka yang penting.

Bahan-bahan

[03.34, 14/12/2023] Ardi: - 4 porsi

  • ½ sendok makan minyak
  • 1 buah jamur shiitake, cincang halus
  • 1 buah tomat, buang bijinya, cincang halus
  • ½ sendok makan wakame, rendam, cincang halus
  • 500 ml kaldu jamur
  • 200 gram nasi
  • 1 sendok teh kecap asin (opsional)

Cara Memasak

  1. Tumis Jamur

Panaskan minyak di wajan. Tumis jamur shiitake hingga layu dan mengeluarkan aroma harum. Tambahkan potongan tomat dan wakame yang sudah dicincang halus.

Aduk hingga semua bahan tercampur merata dan tomat sedikit layu.

  1. Tambahkan Kaldu

Tuangkan kaldu jamur ke dalam wajan bersama dengan campuran jamur, tomat, dan wakame. Masukkan nasi ke dalam kaldu tersebut.

Untuk variasi rasa, tambahkan kecap asin jika diinginkan. Aduk perlahan untuk memastikan nasi terendam dalam kaldu.

  1. Pemasakan

Biarkan nasi mendidih dalam kaldu di atas api sedang. Tutup wajan dan biarkan nasi matang secara merata. Pastikan tekstur nasi lunak namun tidak terlalu lembek.

  1. Penyajian

Setelah nasi matang, angkat wajan dari kompor. Sajikan Nasi Kuah Jamur dalam mangkuk saji, pastikan setiap porsi memiliki bagian dari jamur, tomat, dan wakame.

Resep Nasi Kuah Jamur ini merupakan pilihan yang tepat untuk MPASI si kecil yang sedang dalam tahap memperkenalkan variasi rasa makanan.

Keberadaan jamur shiitake memberikan tambahan cita rasa yang unik sementara wakame menambah kelezatan dan nutrisi pada hidangan ini.

Dalam penyajiannya, pastikan suhu nasi sudah cukup hangat untuk dikonsumsi oleh si kecil.

Selalu perhatikan konsistensi dan suhu makanan MPASI agar sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Coba eksplorasi berbagai jenis bahan makanan untuk menciptakan variasi hidangan MPASI yang sehat dan lezat untuk si kecil. Selamat mencoba! (Zumardi IP)***

Leave a comment