Dihelat Tiga Gelombang, KPU Gelar Bimtek Tungsura dan Sirekap

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Digelar dalam tiga gelombang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam Pemilu 2024 di Hotel Aston, Senin (18/12/2023).

Ketua KPU Kalimantan Barat Muhammad Syarifuddin Budi mengatakan pelaksanaannya dimulai tanggal 17,18 dan 21 Desember di tempat yg berbeda.

Gelombang pertama untuk tiga kabupaten. Kapuas Hulu, Sintang, dan Melawi. Lalu gelombang kedua digelar untuk enam kabupaten, yaitu Sanggau, Sekadau, Landak, Kayong Utara, Ketapang dan Kubu Raya. Lalu tanggal 21 Desember untuk gelombang ketiga.

Terdapat lima kabupaten/kota. Mempawah, Pontianak, Singkawang, Sambas dan Bengkayang.
“Untuk gelombang kedua digelar hari ini (18 Desember 2023). Kemudian gelombang ketiga 21 Desember 2023,” ungkapnya.

Menurutnya bimtek digelar untuk memastikan pemahaman yang setara dan kredibel terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara.

Begitu juga rekapitulasi jenjang di atas untuk memastikan proses one man one vote one value dapat diadministrasikan dengan administrasi pemilu yang akuntabel.

Lebih lanjut Budi menyampaikan bimtek yang digelar itu sekaligus mengenalkan aplikasi terkait pemanfaatan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

Aplikasi tersebut akan digunakan pada pemungutan suara, perhitungan suara dan rekapitulasi perhitungan suara.

Budi berharap para peserta bimtek dapat serius mengikuti kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggara pemilu yakni jujur, adil, terbuka, berkepastian hukum personalitas.

“Sejauh ini peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yg diselenggarakan dalam sehari dari pukul delapan pagi dan ditutup hingga pukul 22.00 malam hari,” tutupnya. ***

Leave a comment