Buah Naga Merah Vs Buah Naga Putih, Mana Lebih Baik bagi Kesehatan?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Di pasaran marak dua jenis buah naga, yakni buah naga merah dan buah naga putih. Nah, apakah berbeda dan mana yang lebih baik bagi kesehatan?

Kedua buah naga ini memang memiliki perbedaan warna yang mencolok. Meski begitu, baik buah naga mrah ataupun buah naga putih, sama-sama baik untuk kesehatan.

Buah naga merah dan buah naga putih memiliki manfaat yang sedikit berbeda bagi kesehatan. Tapi yang jela keduanya baik untuk tubuh.

Melansir halodoc.com, Selasa (19/12/2023), buah naga tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Sama seperti namanya, buah ini memiliki kulit yang menyerupai sisik naga dan berbentuk hampir mirip dengan tanaman kaktus.

Buah ini memiliki jenis berbeda, seperti buah naga putih dan merah. Meski kedua jenis buah naga tersebut mengandung asupan berbeda, tapi buah ini bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah naga putih dan merah juga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian karena kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Beberapa di antaranya, serat, protein, vitamin C, kalium, magnesium dan zat besi.

Nah, perhatikan kandungan masing-masing buah naga tersebut dan perbedaannya:

  1. Buah Naga Merah
    Dalam 100 gram buah naga merah mengandung nutrisi penting bagi tubuh, termasuk
  2. Air sebanyak 85.7 gram.
  3. Energi sebanyak 71 kkal.
  4. Protein sebanyak 1.7 gram.
  5. Lemak sebanyak 3.1 gram.
  6. Karbohidrat sebanyak 9.1 gram.
  7. Serat sebanyak 3.2 gram.
  8. Kalsium sebanyak 13 miligram.
  9. Fosfor sebanyak 14 miligram.
  10. Zat besi sebanyak 0.4 miligram.
  11. Natrium sebanyak 10 miligram.
  12. Kalium sebanyak 128 miligram.
  13. Seng (Zinc) sebanyak 0.4 miligram.
  14. Vitamin B1 sebanyak 0.5 miligram.
  15. Vitamin B2 sebanyak 0.3 miligram.
  16. Niasin sebanyak 0.5 miligram.
  17. Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  18. Dalam buah naga merah juga mengandung antioksidan, seperti antosianin dan karotenoid, serta senyawa likopen. Kandungan baik yang disebutkan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  19. Sebut saja meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan usus, menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya.
  20. Buah Naga Putih
    Buah ini memiliki daging berwarna putih. Dari tekstur dan rasanya, buah naga putih seperti campuran dari buah pir, kiwi dan semangka. Dalam 100 gram buah naga putih mengandung nutrisi penting bagi tubuh, termasuk:
  21. Serat sebanyak 2.9 gram.
  22. Protein sebanyak 1.18 gram.
  23. Kalsium sebanyak 18 miligram.
  24. Magnesium sebanyak 40 miligram.
  25. Vitamin C sebanyak 2.5 miligram.
  26. Zat besi sebanyak 0.74 miligram.
  27. Dalam buah naga putih juga mengandung antioksidan, seperti betasianin, hidroksinamat, dan flavonoid. Kandungan baik yang disebutkan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  28. Sebut saja melancarkan sistem pencernaan, mencegah kerusakan sel tubuh, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga berat badan.
  29. Demikian soal buah naga merah dan buah naga putih. Jenis buah naga yang baik bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment