Ini Sembilan Manfaat Buah Naga Bagi Wajah, Yuk Dicoba

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Manfaat buah naga tidak sekadar untuk tubuh secara umum, namun bisa juga untuk wajah secara khusus. Setidaknya ada sembilan hal yang bisa diraih.

Satu dari sembilan manfaat tersebut, buah naga ternyata bisa mencegah penuaan dini. Karena itu, buah dari Amerika Latin ini sangan recommeded.

Segala manfaat ini muncul karena buah naga adalah buah yang memiliki ragam nutrisi seperti magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E.

Melansir siloamhospitals.com, Selasa (19/12/2023), kandungan nutrisi buah naga berdampak positif pada kesehatan tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara fungsi organ tubuh, hingga mencegah penyakit kanker.

Nah, manfaat buah naga untuk wajah rupanya juga cukup beragam, mulai dari mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini. Berikut penjelasannya:

  1. Mencerahkan Kulit Wajah
    Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten di dalam buah naga. Pasalnya, vitamin C dan antioksidan dapat membantu menghambat produksi.

Umumnya, melanin bisa meningkat saat kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan. Jika kadar melanin dalam tubuh sedikit, warna kulit pun akan tampak lebih cerah atau putih.

  1. Mengatasi Jerawat
    Buah naga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah.

Buah ini juga direkomendasikan sebagai makanan yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat karena memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

  1. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah
    Minyak atau sebum di kulit wajah sebenarnya memiliki fungsi penting, yaitu menjaga kelembapan dan kebersihan kulit. Namun, apabila kadarnya berlebihan, hal tersebut dapat menyumbat pori-pori.

Dalam hal ini, buah naga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan wajah alami untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Caranya mudah, campurkan buah naga yang telah dihaluskan ke dalam air mawar atau air lemon, tambahkan 1 sdm oatmeal, kemudian campurkan seluruh bahan hingga merata.

Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20–30 menit. Setelahnya, bilas wajah dengan air sampai bersih, lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang biasa Anda gunakan.

  1. Menjaga Kelembapan Wajah
    Menjaga kelembapan wajah bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi seperti buah naga putih. Mengonsumsi buah naga putih dapat membantu memperbaiki penampilan kulit serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.
  2. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah
    Manfaat buah naga untuk wajah ini diperkuat dengan hasil penelitian dari National Library of Medicine.

Penelitian ini melaporkan bahwa buah naga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi kulit (menggelapnya warna kulit di bagian tubuh tertentu karena produksi melanin yang berlebihan).

Kandungan vitamin C pada buah naga berperan dalam memproduksi kolagen pada struktur kulit. Kolagen di dalam kulit tersebut berfungsi untuk menjaga konsistensi kulit agar tetap kenyal dan lembut.

  1. Menenangkan Kulit
    Berdasarkan hasil penelitian di National Library of Medicine, tingginya kandungan vitamin C di dalam buah naga dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari atau sunburn.

Vitamin C dalam masker buah naga bekerja dengan melembapkan dan memulihkan area kulit yang terbakar karena sinar UV, lalu membuat kulit lebih tenang.

Sementara itu, kandungan vitamin B di dalam buah naga bermanfaat untuk meringankan gejala peradangan, kulit kemerahan, dan rasa gatal akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Tak sampai di situ, buah naga juga memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, yang dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi di area kulit yang terbakar.

  1. Memperbaiki Penampilan Wajah
    Manfaat buah naga untuk wajah berikutnya adalah memperbaiki penampilan wajah yang rusak akibat paparan sinar matahari. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan beta-karoten dan antioksidan di dalamnya.

Di samping itu, kandungan magnesium dan protein yang tinggi di dalam buah naga juga dapat mendukung proses perbaikan jaringan kulit yang telah rusak.

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Penuaan dini dapat dicegah apabila kulit memiliki jumlah kolagen yang cukup. Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk menjaga tekstur dan elastisitas kulit. Jika kulit kekurangan kolagen, akan muncul garis-garis halus yang menyebabkan kulit menjadi kendur.

Dalam hal ini, buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen. Itulah alasannya mengapa rutin mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

  1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit
    Baik buah naga merah maupun naga putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan di dalam buah naga tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, seperti kanker kulit melanoma.

Demikian soal sembilan manfaat buah naga bagi wajah. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment