Fransiskus Diaan: Kapuas Hulu Zero Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Bupati Kapuas Hulu menyerahkan kunci bantuan motor dari Gubernur Kalbar kepada 26 desa di Kapuas Hulu yang meraih status mandiri.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan pada tahun 2023 di Kapuas Hulu terdapat 26 desa mandiri baru, sebelumnya sudah ada 53 desa mandiri.

Dengan begitu jumlah desa mandiri ada 79 dari total 278 desa yang ada di Kapuas Hulu.

"Kapuas Hulu saat ini tidak ada desa tertinggal dan sangat tertinggal," tegasnya.

Reward berupa motor ini, kata Bupati, itu semua bantuan Pemprov Kalbar dari Pj Gubernur Harisson. Ia berharap reward ini jadi motivasi bagi desa-desa lainnya.

"Motor ini adalah bonus dan hanya digunakan untuk kepentingan pelaksanaan pemerintahan desa, ini aset desa jadi tidak boleh balik nama pribadi," tuturnya.

Bupati berharap aparatur desa jeli melihat potensi desa untuk memajukan ekonomi desa. Salah satunya bisa dengan mengedepankan potensi pariwisata atau sektor lainnya yang sesuai dengan keadaan di desa.

"Jadi bisa buka lapangan pekerjaan juga," tegasnya.

Terkait momen pemilu, Bupati Kapuas Hulu mengimbau agar para kades mengajak warga untuk menyikapi pemilu dengan bijaksana. Masyarakat perlu menjaga kondusifitas daerah.

"Perbedaan dalam politik itu hal yang biasa jangan sampai kita gontok-gontokan," terangnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Rupinus mengatakan bahwa sekarang ini sudah ada 79 desa mandiri di Kapuas Hulu.

"Pemberian reward kali ini adalah sebagai apresiasi bagi 26 desa mandiri di tahun 2023. Ada 26 desa dapat reward karena berhasil mendapat status desa mandiri," pungkasnya. ***

Leave a comment