Yuk Kenalan dengan Bakwan Lawit Khas Pontianak Legendaris, Jam 3 Sore Buka Langsung Diserbu!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Siapa yang tak kenal dengan bakwan lawit bagi orang Pontianak? Yup semuanya pasti kenal cemilan legendaris ini.

Bakwan lawit terkenal sebagai salah satu celilan gorengan ter-hits di Kota Pontianak, sejak awal di buka pada sore hari langsung diserbu dan ramai. Kmau pun harus rela antri jika ingin ke bakwan lawit ini.

Bukan rahasia lagi jika bakwan Lawit khas Pontianak salah satu gorengan legendaris di Kota Pontianak. Bakwan lawit terletak di Jalan Gusti Hamzah No.208, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tepatnya kawasan Sungai Jawi.

Bakwan lawit buka di jam 15.00 sore hari. Jika dilihat, hampir tidak ada bedanya dengan bakwan lain tapi soal rasa tidak ada yang bisa mengalahkan gorengan yang dibandrol dengan harga Rp 1.200 ini.

Soal rasa bakwan lawit juaranya. Bisa dibilang paling enak, lembut, renyah, dan gurih.

Selain itu cocolannya cabenya nendang. Sambal cabenya bisa dibilang enak, dan jadi ciri khas bakwan lawit ini.

Salah satu cemilan yang hits seantero Kota Pontianak bahkan Indonesia, adalah bakwan Pontianak.

Cemilan gorengan ini jadi cemilan wajib bagi semua kalangan. Tak heran jika bakwan Pontianak terkenal hingga selurih Indonesia. Bgai orang Pontianak ada cara dan kiat khusus jika ingin membuat bakwan enak dan gurih.

Bakwan Pontianak bahkan sempat viral beberapa waktu lalu lho. Padahal, buatnya tak sulit alias mudah banget. Kamu hanya butuh tepung dan sayuran.

Bakwan adalah kuliner khas masyarakat peranakan lokal. Kata "BAKWAN" berasal dari bahasa Tionghoa yaitu "Bak" = daging dan "wan" = bola. Jadi "Bakwan" = Bola daging.

Aslinya, bakwan khas Tionghoa terbuat dari adonan tepung dan daging sapi giling. Karena di Indonesia pada masa itu daging sapi cukup mahal harganya maka sebagai gantinya daging sapi giling diganti dengan sayur-sayuran.

Umumnya, bakwan selain tepung juga terdiri dari daun kucai plus rebon /ebi/teri.

Gorengan khas Pontianak ini sempat viral ini terbilang sukses kalau bentuknya bulat, tekstur luarnya garing, dan lembut di bagian dalamnya. Supaya nggak salah langkah, simak beberapa tips ini, yuk!

Campur adonan bakwan bersama beberapa jenis tepung dengan tambahan baking powder. Tujuannya adalah untuk mendapat tekstur bagian dalam yang lembut dan tidak terlalu padat. Gunakan perpaduan tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena.

Tambahkan bahan yang mengandung lemak berupa santan atau margarin berfungsi agar adonan lebih gurih dan tidak lengket saat dicetak.

Cetak bakwan bentuk bulat menggunakan sendok sayur atau cetakan khusus bakwan berbahan logam. Untuk proses menggoreng lebih cepat, gunakan cetakan khusus bakwan yang dapat mencetak 3-5 buah bakwan sekali menggoreng.
Rendam cetakan bakwan dalam minyak panas yang banyak.

Pastikan cetakan benar-benar panas saat akan digunakan. Gunakan sendok sayur berbeda untuk menaruh adonan bakwan ke dalam cetakannya.

Diamkan cetakan yang sudah diisi terendam dalam minyak panas. Biarkan hingga adonannya setengah matang dan saat cetakan digoyang-goyangkan bakwan akan terlepas dari dalam cetakan.

Bahan

4 Porsi
150 g udang, buang kepala, sis akan ekornya
90 g tepung terigu protein sedang
45 g tepung maizena
250 ml air
40 ml santan instan
2 sdm margarin, lelehkan
25 batang kucai, iris 0,5 cm
1 sdt Royco Kaldu Ayam
¼ sdt baking powder
1 sdm Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus

6 butir bawang putih
5 butir bawang merah
½ sdm garam
1 sdt ketumbar bubuk
½ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

  1. Siapkan mangkuk atau wadah besar, masukkan tepung terigu dan tepung beras. Tuang air, aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan bumbu halus, Royco Kaldu Ayam, baking powder, dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi licin.
  3. Masukkan kucai dan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng, aduk hingga rata.
  4. Siapkan sendok sayur besar berbahan stainless steel. Panaskan minyak, rendam sendok sayur ke dalam minyak panas agar bakwan tidak lengket.

5.Sendokkan campuran tepung atau adonan bakwan menggunakan sendok sayur hingga hampir penuh. Letakkan 1 ekor udang ke bagian tengahnya. Celupkan kembali ke dalam minyak panas, diamkan hingga adonan setengah matang atau mudah terlepas dari sendok atau cetakannya. Lakukan proses serupa hingga menghasilkan beberapa buah bakwan dalam satu wajan.

6.Untuk mempercepat proses membentuk bakwan ini, bisa juga menggunakan cetakan khusus bakwan yang biasanya terdiri dari 3-5 wadah dalam 1 cetakan. Masak hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis. Sajikan

Tak sulit membuat bakwan lawit khas Pontianak kan? Selamat berkreasi. (REDAKSI)

Leave a comment