Resep Ce Hun Tiau Pontianak: Kuliner Tradisonal Khas Penggugah Selera

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Yuk membuat resep Ce Hun Tiau Pontianak yang jadi icon kuliner legendaris yang kelezatannya menusantara.

Tak sulit untuk membuat Ce Hun Tiau. Ce Hun Tiau merupakan makanan khas dari masyarakat Tionghoa. Ce Hun Tiau dalam bahasa bahasa Tio Cu yang merujuk pada kombinasi Ce (ubi), Hun (Tepung), dan Tiau (Balok Panjang).

Ce Hun Tiau umumnya campuran dan kombinasi dari berbagai bahan-bahan pilihan segar. Tak sulit untuk membuat resep Ce Hun Tiau Pontianak ini.

Ce Hun Tiau Pontianak umumnya dipadukan dengan kuah santan manis dicampur gula merah. Ditambah dengan kacamg merah makin menambah kelezatan.

Ada yang juga mengatakan Ce Hun Tiau itu seperti cendol beras yang bentuknya seperti bihun. Kenyal, manis dan asin gurih mendominasi kuliner khas Pontianak ini.

Ce Hun Tiau ini salah satu minuman khas Pontianak yang sangat terkenal. Tak sulit untuk membuat Ce Hun Tiau ini.

Berikut resep Ce Hun Tiau yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah:

Bahan-bahan

4 porsi

1 bungkus ce hun tiaw

Bongko pandan :
75 g tepung hun kwe
75 ml jus pandan
425 ml santan agak kental
35 g gula pasir
1/4 sdt garam

Kacang merah rebus :
100 g kacang merah
500 ml air
Bubur ketan hitam :
125 g ketan hitam
500 ml air
50 g gula pasir
Sejumput garam
1 lbr daun pandan

Kuah santan :
500 ml santan kekentalan sedang
Sejumput garam
1 lembar daun pandan

Kuah Gula :
100 ml air
100 g gula merah
2 lbr daun pandan

Pelengkap :
Cincau
Es batu

Cara Membuat

Langkah 1

Siapkan semua bahan yang akan digunakan

Langkah 2

Bongko. Campur semua bahan jadi satu dalam panci, aduk rata. Kemudian masak hingga mengental. Tuang dalam cetakan biarkan hingga dingin lalu potong-potong.

Langkah 3

Bubur ketan hitam. Rendam ketan hitam semalam, lalu bilas. Didihkan air, masukkan ketan dan garam, godok selama 30 menit. Masukkan gula pasir lalu aduk rata, diamkan selama 15 menit atau hingga mengental. Sisihkan.

Langkah 4

Kacang merah. Didihkan air, masukkan kacang merah, rebus selama 7 menit, matikan api diamkan 30 menit, rebus lagi 5 menit, Lalau diamankan kembali 30 menit, tiriskan.

Langkah 5

Kuah santan. Campur semua bahan jadi satu di dalam panci, lalu masak hingga mendidih, sambil diaduk. Sisihkan biarkan dingin.

Langkah 6

Kuah gula merah. Campur semua bahan jadi satu, masak hingga mendidih dan gula cair. Sisihkan biarkan dingin.

Langkah 7

Ce hun tiaw. Didihkan air secukupnya, masukkan ce hun tiaw kering lalu masak selama 5 menit, matikan api kompor, tutup panci berisi ce hun tiaw, biarkan selama 20 menit. Ce hun tiaw akan menjadi bening, lalu tiriskan.

Langkah 8

Penyelesaian. Dalam mangkok tata ce hun tiaw, kacang merah, ketan hitam, potongan cincau dan bongko. Selanjutnya siram dengan kuah santan dan gula merah, beri es batu. Siap dinikmati.

Nah, tidak terlalu sulit bukan jika kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment