Resep Cincalok Udang Khas Pontianak: Berikut Cara Membuat dan Bahan yang Dibutuhkan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Berikut resep cincalok khas Pontianak yang jadi kuliner khas Kalimantan Barat yang wajib kamu tahu.

Resep cincalok khas Pontianak sangat mudah dan murah. Dengan bahan-bahan berikut, bunda bisa membuat hidangan menggunakan udang kecil.

Yuk mom membuat cincalok khas Pontianak yang gurih dan nikmat. Mimin akan bagikan resep terbaik yang bisa mom tiru di rumah.

Perlu sobat Inside ketahui, cincalok adalah udang berukuran kecil yang proses fermentasinya terjadi dengan bantuan bakteri mikrob.

Menurut Wikipedia, salah satu mikrob yang berperan penting adalah kelompok bakteri asam laktat. Cincalok juga bisa ditemui di daerah Malaka dan termasuk bahan untuk masakan peranakan. Bahan makanan ini digunakan untuk membuat sambal. Di Kepulauan Bangka-Belitung, cincalok disebut pula dengan istilah kecalok.

Jika ada yang bertanya soal bakteri yang yang berperan dalam proses fermentasi cincalok adalah kelompok bakteri asam laktat. Kelompok bakteri ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan senyawa dengan aroma dan rasa khas, meningkatkan nilai cerna makanan, dan menghasilkan senyawa antimikrob yang dapat menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti asam laktat, hidrogen peroksida, karbondioksida, dan bakteriosin.

Bakteri yang berhasil diisolasi adalah Lactobacillus sp. dan Streptococcus sp. Penelitian lain melaporkan bahwa ditemukan juga bakteri dari genus Staphylococcus dengan bakteri langka yaitu Staphylococcus piscifermentans.Bakteri yang dominan ditemukan pada Cincalok dari Thailand adalah Lactobacillus sp dan Lactococcus sp.

Berikut resep cincalok khas Pontianak:

Bahan-bahan

1 botol Cincalok
Secukupnya minyak goreng
10 cabe rawit merah
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh jeruk sambal
2 sdm gula pasir

Cara Membuat

Langkah 1
Siapkan alat dan bahan dulu ya… nih aku liatin penampakan cincalok yang masih belum dimasak, siapkan juga cabe, bawang merah, bapur yang sudah diiris serta jeruk sambal untuk penambah nikmat cincalok kitaa😂

Langkah 2
Tumis bawang-bawang dan cabe sampai harum, kemudian masukan 1 botol cincalok lalu masak sampai airnya mengering. Jangan tambah air lagi ya karena cincalok sudah ada airnya.

Langkah 3
Tambahkan gula 2 sdm, dan jangan tambahkan garam ya beb, karena cincalok ini sudah asin, setelah itu kucurkan air jeruk sambal.

Langkah 4
Jadi deh, siap disajikan,, jangan lupa siapkan nasi hangat dan kerupuk dijamin gak mau berenti makannya, selamat recook bunda-bunda. (REDAKSI)

Leave a comment