Kantor Imigrasi Jemput Bola Pembuatan Paspor di Daerah Perbatasan

17 Maret 2024 21:02 WIB
Masyarakat perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kini tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan paspor.

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Masyarakat perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kini tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan paspor. 

Kantor Imigrasi Kelas ll Putussibau telah meluncurkan program inovatif, yaitu turun langsung ke daerah perbatasan untuk memberikan layanan pembuatan paspor.

“Program ini telah dilaksanakan di Desa Badau, Kabupaten Kapuas Hulu selama dua hari, mulai Sabtu, 16 Maret 2024 hingga Minggu 17 Maret 2024,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas Ill TPI Putussibau Uray Aliandri.

Layanan ini merupakan bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas Il TPI Putussibau untuk mempercepat proses administrasi dan memudahkan akses masyarakat terhadap pembuatan paspor. 

Tim dari Kantor Imigrasi Putussibau dikirim ke daerah perbatasan, khususnya Kecamatan Badau, dengan membawa peralatan lengkap untuk membantu proses pembuatan paspor.

“Salah satu tantangan utama dalam memberikan pelayanan di daerah perbatasan adalah ketersediaan infrastruktur komunikasi yang terbatas,” paparnya.

Namun, untuk mengatasi masalah ini pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Putussibau memasang penguat sinyal disekitar area kegiatan.

Langkah ini memastikan bahwa proses pelayanan berjalan lancar dan tidak terhambat oleh masalah teknis. 

Ia menjelaskan saat meninjau kegiatan ini mengatakan bahwa ia menyadari betapa pentingnya paspor bagi masyarakat terutama di daerah perbatasan. 

“Kami ingin memastikan bahwa semua warga negara memiliki akses yang sama terhadap dokumen penting seperti paspor. Dengan mendatangi mereka langsung di daerah perbatasan, kami berusaha memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” terangnya.

Penduduk setempat turut serta menyambut baïk inisiasi ini. Herman Goe, selaku Camat Empanang mengatakan warga perbatasan di Kecamatan Badau sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran petugas imigrasi di sini,” katanya.

Sebelumnya, masyarakat harus melakukan perjalanan jauh untuk membuat paspor.

“Tetapi sekarang prosesnya lebih mudah dan cepat,” tutupnya. ***

Leave a comment