8 Ribu Pasukan Kodam dan Polda Siap Amankan Kunker Presiden ke Kalbar

18 Maret 2024 20:32 WIB
Pasukan dari jajaran Kodam yang akan siaga sebanyak kurang lebih 5 ribu pasukan dan dari jajaran Polda sebanyak kurang lebih 3 ribu pasukan.

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pasukan dari jajaran Kodam yang akan siaga sebanyak kurang lebih 5 ribu pasukan dan dari jajaran Polda sebanyak kurang lebih 3 ribu pasukan.

Hal itu dilakukan dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Kalimantan Barat.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri Acara Apel Pasukan yang dipimpin oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, di Lapangan Tidayu Kodam XII/Tpr, Senin (18/3/2024).

Pangdam XII/Tpr mengungkapkan bahwa pasukannya akan bekerja sesuai SOP terhadap pengamanan Presiden RI yang akan melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalbar.

Kunjungan Presiden ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu ke Kota Singkawang, Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak dan Kabupaten Sekadau rencana sementara dan akan disesuaikan. 

“Terutama kami akan memberikan penyambutan dan pengamanan yang terbaik sehingga beliau (Presiden) merasa nyaman dan aman,” ungkapnya.

Dirinya kembali mengungkapkan untuk pasukan semua siap dalam keamanan.

“Yang jelas pasukan itu totalitas apa yang dibutuhkan sesuai prediksi kita dilapangan dan jika ada permintaan dari Paspampres kita juga akan mendukung dengan optimal sehingga semuanya berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” ujarnya.

Terakhir Pangdam berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menyambut baik kedatangan Presiden serta mensukseskan kunkernya di Kalbar.

"Ini adalah kehormatan atau kebanggaan, untuk masyarakat mari kita menyambut kehadiran Bapak Presiden dan sukseskan kunkernya di Kalbar," pesannya.

Sementara itu Pj Gubernur Kalbar menjelaskan bahwa direncanakan Presiden RI akan melakukan kunjungan kerja ke Kalbar selama 2 (dua) hari pada tanggal 20 Maret hingga 21 Maret 2024.

"Kita bisa lihat bersama, bahwa pasukan pengamanan kedatangan Presiden sudah siap. Semoga berjalan lancar. Presiden itu terlebih dahulu meresmikan Bandara Singkawang, kemudian meninjau Proyek Smelter di PT. BAI Pelabuhan Kijing Kabupaten Mempawah, lalu bermalam di Pontianak besok paginya meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I Kota Pontianak dan di akhir kunkernya hingga Kabupaten Sekadau,” jelas Harisson.

Dirinya mengungkapkan bahwa jadwal kunker ini masih bersifat sementara dan dapat berubah.

"Tapi jadwal ini masih bisa berubah, belum ada kepastian, biasanya ada perubahan," tutupnya.

Gelar Apel Pasukan Pengamanan Presiden turut serta dihadiri seluruh Forkopimda Kalbar dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar. ***

Leave a comment